Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Ada Pesona Surgawi di Air Terjun Jumog

Ada Pesona Surgawi di Air Terjun Jumog

Posted by WARTO SOLO on Senin, 11 Maret 2019


air-mancur-jumog

 "Kesan pertama begitu menggoda. Selanjutnya terserah anda !" 
KIASAN itu bisa sedikit menggambarkan tentang objek wisata alami yang indah di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia. Betapa tidak, objek wisata air terjun ini begitu alami dan seolah belum tersentuh tangan manusia. 
Jika anda datang ke air terjun ini. Anda dipaksa menuruni 116 anak tangga. 
Bagi anda penikmat keindahan alam tantangan ini bukan halangan demi menikmati wisata alam yang iniah di Air Terjun Jumog Karanganyar. 
Air Terjun Jumog merupakan wisata andalan di Kabupaten Karanganyar. Obyek wisata ini berada di kaki Gunung Lawu, tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Jaraknya sekitar 41 kilometer dari arah Kota Surakarta. 
Berhawa sejuk dan hamparan pepohonan rindang mengelilingi tempat wisata ini. Saat hendak menuju air terjun ini, anda tak bakalan kepanasan 
Sebab selesai menapaki 161 anak tangga, kaki-kaki anda bakal langsung merasakan kesegaran air terjun tersebut. 
Baca : Tiket Masuk Wisata Pandawa Water World Solo Ditawarkan Harga Murah
Baca : Asyiknya, Liburan di Pandawa Water World Solo

Belum terjamah

Dulu kala saat ditemukan, Air terjun Jumog langsung dijuluki Surga yang Hilang. Betapa tidak, sebelum resmi dibuka untuk umum pada 2004, jalan masuk air terjun ini ditutupi semak belukar. 
Warga dan Pemerintah Desa (Pemdes) Berjo pun bekerja keras dengan bergotong royong membabat semak dan membuka jalan sehingga air terjun ini agar bisa dilihat umum. 
Oya, Tinggi air terjun ini hanya sekitar 30 meter. Debit airnya tak terlalu besar meski hujan turun. Pada musim kemarau datang, debit air juga tak sedikit. Airnya begitu jernih dan menyegarkan. Biasanya, pengunjung bermain dan merendam kaki di aliran sungai yang meneruskan limpahan air terjun. 
air-mancur-jumog1

Di depan air terjun, Badan Umum Milik Desa Berjo yang mengelola tempat wisata ini membuat jembatan. Lokasi ini menjadi tempat favorit pengunjung berfoto dengan latar air terjun. Pengelola juga membuat bangku-bangku dari kayu yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melepas lelah dan menikmati kawasan wisata ini. 
Fasilitas lain yang disediakan pengelola berupa wahana permainan anak berupa jungkat jungkit, ayunan, dan bola panjat. Ada juga kolam renang untuk anak. Namun, tak banyak wahana air yang tersedia selain ember tumpah. Anda yang tak membawa bekal tak perlu khawatir kelaparan. Terdapat jajaran warung yang menyiapkan beragam menu, mulai mi instan sampai sate kelinci atau sate ayam. Anda pun punya pilihan menikmati di dalam warung atau di pinggir anak sungai air terjun. Wahana permainan air di Air Terjun Jumog di Kabupaten Karanganyar. Deretan warung juga ada di jalur sebelum loket masuk air terjun. Mereka tak sekadar menawarkan makanan tetapi juga oleh-oleh produk masyarakat sekitar. Semisal, keripik ketela dan teh beragam rasa, serta jambu kristal. Tiket masuk Air Terjun Jumog hanya dipatok Rp 3.000 per orang. 
Baca : Wisata Taman Balekambangan, Solo, Jawa Tengah

Naik minibus

Anda yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan motor dan mobil di tempat yang telah disediakan pengelola. Tarif parkir sepeda motor Rp 1.000 dan mobil Rp 2.000. 
Anda yang lebih menikmati menggunakan kendaraan umum, bisa naik bus dari terminal Solo. Pilih bus jurusan Tawangmangu atau Matesih, dan turun di Terminal Karangpandan. Perjalanan dilanjutkan menggunakan minibus jurusan Ngargoyoso atau Kemuning. Anda bisa turun di pos retribusi wisata Kemuning atau di Nglorog dan berganti naik ojek. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. 
Objek wisata terbau di Karanganyar ini kemudian dilirik oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk dikembangkan lagi. Bahkan, awal Maret lalu Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwista Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengundang sejumlah pelaku wisata asal Jawa Timur untuk mengeksplorasi objek wisata ini. 
air-mancur-jumog2

Khalik salah satu jurnalis mengaku kagum dengan pesona wisata Air Terjun Jumog ini. "Indah banget, alami dan asri. Objek wisata ini bisa dikembangkan lebih baik lagi ke depannya," katanya. 
Kepala Seksi Pengembangan dan Pasar Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwista Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Tanti Apriani, mengatakan, pelaku wisata asal Jawa Timur langsung melakukan eksplorasi potensi wisata di Air Terjun Jumog ini. "Tujuannya adalah pelaku wisata ini bisa meliat dari dekat potensi wisata ini dan memasarkan langsung kepada calon wisatawan di daerahnya."
Selain di Air Terjun Jumog ini, Karanganyar kaya dengan potensi wisata lain seperti, Candi Cetha/Sukuh, kawasan kebun teh Kemuning, Rumah Atsiri Indonesia, Museum Pabrik Gula De Tjolomadeo dan masih banyak lagi. (sumber utama travel kompas)
Simak : Objek Wisata Bernama "Jeglogan Sewu'' ini Tiba-tiba Jadi Bahan Perbincangan Netizen

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>