Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Gedung Muzdalifah Asrama Haji Dioptimlakan untuk Genjot PAD

Gedung Muzdalifah Asrama Haji Dioptimlakan untuk Genjot PAD

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 10 Januari 2019


siswa-smpn4

BOYOLALI,wartosolo.com- Salah satu fasilitas di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali yang paling sering disewa masyarakat dari berbagai lapisan adalah gedung Muzdalifah. Gedung terluas di AHD ini bisa menampung ratusan hingga ribuan orang dalam kegiatan rapat umum atau pertemuan massal. Tak mengherankan bila pengelola AHD menggenjot promosi gedung ini untuk disewakan ke publik. 
Kasi Unit Pengelola Aset Daerah Wilayah Surakarta dan AHD mengungkapkan, setiap tahun AHD ditargetkan menyetor PAD sekitar Rp 3-5 miliar. Sehingga pihaknya terus meningkatkan pelayanan gedung dan fasilitas lainnya untuk memenuhi target kas daerah tersebut.
"Masyarakat umum banyak yang menyewa gedung itu untuk pesta pernikahan. Organisasi, komunitas, pemerintahan dan sekolah juga banyak yang menyewanya. Ya sangat membantu kami dalam mendapatkan pemasukan dari sewa gedung," katanya.
Dikatakan, pesta pernikahan paling sering digelar di gedung ini. Hingga pihaknya meningkatkan fasilitas seperti penambahan dekorasi, penataan ruang, dan penambahan meja kursi. Namun, penyumbang pendapatan yang terbesar tetap berasal dari kegiatan ibadah haji yang digelar setiap tahun. "Kegiatan haji di AHD ini paling banyak menyetor PAD, karena seluruh fasilitas dipakai selama dua bulan."
Terkait nilai sewa gedung, Joko memastikan angkanya tidak memberatkan masyarakat. Bahkan, sewa gedung jauh di bawah hotel berbintang atau gedung pertemuan lainnya.
"Ya nilainya jutaan untuk umum," katanya. 
Salah satu penyewa gedung sekaligus guru SMPN 4 Surakarta Anshori mengatakan, pilihan mengambil tempat di AHD ini karena alasan pendanaan. Selain itu tema kegiatan sekolah yakni pendidikan karakter dan spiritualitas siswa klop dengan fasilitas di AHD.
 "Hari ini (kemarin-red) kami menggelar kegiatan rutin siswa setiap tahun sekali untuk meningkatkan kepercayaan diri para siswa SMPN 4 Surakarta. Gedung Muzdalifah di asrma haji ini paling cocok," imbuhnya. 

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>