Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » , » Karya Bermotif Abstrak Titi Setiawati Digandrungi Tua-Muda

Karya Bermotif Abstrak Titi Setiawati Digandrungi Tua-Muda

Posted by WARTO SOLO on Senin, 20 Agustus 2018

batik-abstrak-titi1


*Bidik Pasar Mancanegara 

YOGYAKARTA - Produk asesoris dan sandang berbahan dasar tenun mulai digandrungi berbagai lapisan. Kawula muda, remaja, wanita karier dan ibu rumah tangga menyukai produk ini. Belakangan ini karya tenun, Paris Dolby Prima, dan Primisima bermotif yang paling diminati. 
Salah satu perajin ternama di Kota Yogyakarta yang ulet dan tekun memasarkan tenun bermotif ini adalah Titi Setiawati SH.  Di tangannya bahan tenun ini disulap menjadi tas, selendang, shal, topi, baju atau rompi. Nilai ekonomi-nya pun terbilang tinggi dan tentunya cocok dipakai di berbagai acara.
Titi yang tak lain owners Tarista Jaya Mandiri, memang tenar dengan produksi tenun bermotif  abstrak. Di home industri di pinggir Kota Gudeng berbagai varian kain sudah dihasilkannya. Tak hanya memajang produknya di Tarista Jaya Mandiri. Titi juga memasarkan kerajinan tangannya itu di Toko KaMU, Galeria Mall lantai satu Yogyakarta, galeri UMKM Mantrijeron Craft Jalan Pandjaitan 17 Kota Yogyakarta .
batik-abstrak-titi3

Tapi tahukan anda ? 
Bagaimana Titi mulai merintis usaha rumahan ini ?
Kepada wartosolo.com Titi membeberkan, ide kreatif mengolah kain tenun menjadi barang bernilai ini bermula dari iseng atau coba-coba. 
Kala itu ia ikut pelatihan di LPK Arimbi Kota Yogyakarta. Di sana ia diajari keahlian membuat dan mewarnai tenun. Ia juga dilatih mendesain sekaligus membuat aneka sandang/asesoris ini.
Setelah sekian lama mempelajari jenis-jenis tenun, belajar digembleng di LPK itu, Titi resmi mendapatkan sertifikat.

Simak juga : Ultah ke-73 RI, Pemanah Tanah Air Berjaya di Hungaria 

Dibawa ke Moscow 

 Titi lalu memulai melakukan eksperimen-eksperimen sendiri. Setelah yakin 100 persen dengan uji coba dan memproduksi sendiri katun bermotif abstraknya. Titi lalu menawarkan ke kolega satu demi satu. Hingga suatu ketika produknya ini di bawa salah satu temannya ke Negeri Beruang Merah untuk dijual.
"Ternyata kain abstrak saya di bawa rekan ke Moscow (Ibukota Rusia), dan laku. Satu selendang (katun ermotif abstrak) di Moscow seharga 9.000 berel kalau dirupiahkan sekitar Rp 1 juta, dari pengalaman itu saya jadi semangat dan terus produksi sampai sekarang ini," kenangnya. 
batik-abstrak-titi2
Mulai saat itulah, Titi serius dan fokus menerjuni bisnis ini. Produksinya terus meningkat. Pasar dan pelanggan juga terus bertambah. 
Apalagi Pemkot Kota Yogyakarta melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi telah mengkurasi Titi bersama tujuh perajin lainnya. Fasilitasi itu berupa toko yang belakangan diberi nama Toko KaMU. Lokasinya di Galeria Mall lantai satu, salah satu mal terbesar di Yogyakarta tepatnya. 
Antusiasme teman dan kolega mulai berlipat-lipat untuk menjajal karyanya. Seiring bertambahnya pesanan, produksi pun ditambah. Ia pun mulai memberdayakan masyarakat di tempat tinggalnya. 
Baca juga : Siswa Kelas X SMAN 2 Boyolali Digembleng Motivasi Wirausahawan
Menjanjikan 

Titi mengungkapkan pada saat pasar ramai, keuntungan bersih dari berdagang mencapai  puluhan juta rupiah/bulan. Bila pasar sedang lesu pendapatan paling jelek belasan juta rupiah. Prospek pasar katun bermotif abstrak ini cukup menjanjikan. Harganya yang terjangkau, kualitas produknya yang mumpuni, dan tak ketinggalan zaman menjadi alasanya. 
Saat ini Titi mampu memenuhi pasar tenun baik dalam dan luar kota provinsi. "Khusus pasar luar negeri baru mulai," katanya.
batik-abstrak-titi6

Menurutnya, kelebihan dari produksinya adalah motif tdk bisa ditiru dan diulang. "Kalau pelangan pesan warna tinggal meminta dominan warna apa yang diinginkan."
Bila anda ingin mengetahui lebih pasti karya tenun bermotif produksi Titi bisa datang ke galeri UMKM Mantrijeron Craft Jalan Pandjaitan 17 Kota Yogyakarta atau Tarista Jaya Mandiri Art Gallery Yogyakarta di 082138679399, email : tarista2011@gmail.com. (*/)
batik-abstrak-titi7



batik-abstrak-titi11
Kunungi juga : Macrame Lukitri Ernarayani Terbang Sampai Dubai

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>