Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Layanan Lumpur Tinja Terjadwal Surakarta

Layanan Lumpur Tinja Terjadwal Surakarta

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 26 Juli 2018

sedot-tinja2


SOLO,wartosolo.com - Saat ini sudah 86,56% (sumber data dari Bapppeda Kota Surakarta) penduduk yang terlayani oleh sarana sanitasi sehat dan baik. Di Surakarta sendiri juga sudah tersedia Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang terdiri dari terpusat dan komunal. Masyarakat yang terlayani oleh IPAL Terpusat jumlahnya lebih tinggi daripada IPAL Komunal. Selain itu, sekitar 15.000 KK juga sudah memiliki tangki septik. Untuk mendukung layanan sanitasi, kapasitas Instalasi Pengolahan Limbah Tinja saat ini adalah 46 m3/hari.
Peraturan Walikota nomer 8 tahun 2016 tentang pengelolaan Lumpur Tinja menyebutkan tentang antara lain : 
•Setiap Bengunan jika belum memiliki akses ke sistem air limbah kota harus mengalirkan limbahnya ke unit setempat yang memenuhi ketentuan teknis dan administratif (pasal 3 ayat 1)
Simak : Petani di Klaten dan Boyolali Terima Bantuan Alsintan 
•Setiap unit setempat teregistrasi harus menjalani penyedotan wajib setiap 2 (dua) sampai 5 (lima) tahun (Pasal 4 ayat 1)
•Penyedotan wajib dikelola oleh PDAM dan dikenakan tarif layanan lumpur tinja ang ditetapkan oleh Walikota atas usulan PDAM (Pasal 4 ayat 2 dan 3)
•Pengangkutan Lumpur Tinja dilakukan menuju instalasi pengolahan yang ditentukan (Pasal 5 ayat 1)
Terkait tentang tarif layanan sebagaimana tersebut dalam Pasal 4 Perwal no 8 tahun 2016 termaksud diatas, telah ditetapkan dalam Peraturan Walikota Nomer 5 tahun 2018 tentang Penetapan tarif layanan lumpur tinja terjadwal dan golongan pelanggan perusahaan umum daerah air minum kota Surakarta dan Peraturan walikota nomer 6 tahun 2018 tentang penetapan tarif sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat dan golongan pelanggan perusahaan umum daerah air minum kota Surakarta.

sedot-tinja3

Upaya penyedotan lumpur tinja dilakukan secara terjadwal yang dikenal dengan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2), dimana setiap Unit Rumah yang memiliki tangki septik dan terdaftar di Perumda Air minum kota Surakarta otomatis akan dilakukan penyedotan secara periodik/terjadwal setiap 2-5 tahun sekali.
Penyedotan dilakukan oleh Truk Sedot Lumpur Tinja milik Perumda Air Minum Kota Surakarta dan Truk Milik pihak Swasta yang telah bekerjasama dengan Perumda Air Minum Kota Surakarta.
Selanjutnya Truk Layanan tersebut akan membuang lumput Tinja tersebut ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) untuk di olah lebih lanjut.
Seluruh rangkaian mulai dari registrasi Pelanggan, Penjadwalan, Penyedotan, Pembuangan ke IPLT, dilakukan dengan bantuan teknologi Management Information System (MIS) yang dikelola terpusat oleh Perumda Air Minum Kota Surakarta, sehingga setiap proses dapat terpantau kegiatannya secara real time.
Dalam mewujudkan program L2T2, pihak Perumda Air Minum Kota Surakarta didukung oleh USAID IUWASH PLUS.(**)
Kunjungi pula : Video - TNI AD Mulai Rehab Rumah Zohri, Wujud Sinergitas Komponen Bangsa
sedot-tinja4

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>