Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » 6 Kecamatan di Bumi Sukowati Alami Krisis Air Bersih

6 Kecamatan di Bumi Sukowati Alami Krisis Air Bersih

Posted by WARTO SOLO on Selasa, 31 Juli 2018

krisis-air-sukowati


SRAGEN,wartosolo.com— Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Sragen mulai mengalami krisis air bersih akibat kekeringan dalam musim kemarau. Untuk kebutuhan sehari-hari, warga di wilayah tersebut terpaksa harus meminta bantuan air bersih.

“Enam kecamatan itu diantaranya Tangen, Jenar, Sumberlawang, Mondokan, Miri dan Sragen,” kata Direktur Utama PDAM Tirtonegoro Sragen, Supardi, Selasa (31/7).

Supardi menyampaikan, dibandingkan tahun lalu kekeringan kali ini lebih parah. Pasalnya ini baru berjalan dua bulan srjak Juni lalu. Padahal biasanya puncak kekeringan baru terjadi pada bulan Agustus.

Untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya telah menerima permintaan droping air bersih sekitar 100 tangki. Jumlah itu menurutnya lebih banyak dibanding tahun lalu pada bulan yang sama.

“Lebih banyak tahun ini dibanding tahun lalu. Tahun ini dari bulan Juni sampai Juli sudah full. Bahkan satu hari bisa berit-rit. Total sudah ada 100 tangki yang kita kirim berdasarkan permintaan dari BPBD dan komunitas atau bantuan sosial,” terang Supardi.

Supardi menyatakan, meski permintaan lebih banyak, pihaknya memastikan siap untuk memenuhi permintaan droping air. Mekanismenya PDAM bekerjasama dengan BPBD memenuhi permintaan droping dari desa.

Selain dari BPBD, permintaan droping juga banyak datang dari komunitas dan pihak ketiga. Khusus untuk komunitas,  PDAM menerapkan kebijakan lebih longgar yakni airnya digratiskan dan hanya dibebani biaya transport dan sopir saja.

“Jumlah armada kita ada enam, yang dua memang sudah tua. Tapi tetap siap untuk melayani berapa pun permintaan droping,” katanya. (timlo.net)


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>