Inspirasi

Historia

Serka Sigit Maryanto, Babinsa Koramil 03/Serengan Kodim Solo Berhati Mulia

Post by On Wednesday, May 16, 2018

SOLO,Swaramahardhika.com - Serka Sigit Maryanto Babinsa kel. Tipes Ramil 03 Serengan berhati mulia ini selalu penasaran dengan keluarga Ibu Pariyem setiap meninjau wilayahnya dan melintas di depan rumah Ibu Pariyem dia selalu melihanya sedang membantu putrinya yang lumpuh untuk membersihkan badan bahkan tak jijik membuang kotoran putrinya yang lumpuh dengan kasih sayang.
Rumah tempat tinggal Ibu Pariyem .bersama putrinya yang lumpuh, bisa dikata sangat tidak Iayak. Dindingnya  memang terbuat dari beton, namun ukuran amat sempit. hampir tidak ada cahaya matahari yang masuk membuat rumah pengap dan bau. Dua buah kasur yang amat tipis berada di lantai tanpa alas, Dengan barang- barang  yang tidak terpakai berantakan dilantai. Kesan kumuh,bau dan kotor serta tidak sehat terpampang di depan mata saat masuk ke dalam rumah. Untuk menuju kerumah harus melewati gang- gang kecil. maklum perumahan padat di kota.
Tapi apa boleh dikata, kondisi rumah Ibu Pariyem. yang miskin, tak mampu merenovasi rumah mereka. Bahkan untuk mengganti kasur dan mengecat dinding agar kelihatan lebih layak  beliau tidak mampu. Penghasilan Ibu Pariyem sebagai penjual sate telur puyuh hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan sehar- hari. "Jangankan untuk membenahi rumah dan tempat tidur pak,untuk kebutuhan sehari- hari aja kurang, bahkan kadang tidak dapat rejeki" ujar Ibu Paiyem saat di tanya oleh Babinsa.
Pagi itu pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2018 jam 08.00 seperti biasanya Babinsa Serka Sigit Maryanto melintas di depan rumah Ibu Pariyem ia penasaran, "Pagi itu ,karena penasaran saya singgah. Setelah saya masuk ke dalam ternyata di dalam rumah betul- betul memprihatinkan" . Saat itu, Serka Sigit Maryanto meminta izin untuk masuk ke rumah untuk melihat - lihat ke dalam. Sekejap, pria dengan seragam loreng TNI- AD ini termenung. Dia merasa sedih melihat kehidupan yang terpampang di depan matanya.
"Saya, sempat meneteskan air mata ketika masuk ke rumah itu, karena rumah Ibu Pariyem betul- betul tidak layak untuk di huni. Dinding rumah Kusam, Kasur tempat tidur yang sudah tipis dan tidak layak tergelar dan barang- barang serta perabot rumah yang acak- acakan berserakan menjadi satu" ujar Serka Sigit.
Serka Sigit Maryanto lantas segera pamit dan langsung melaporkan kondisi warganya ke Danramil Kapten Inf Subardi. Dan mendengar hal itu Danramil langsung menghubungi pihak Seksi sosial kec. Serengan. Besoknya Bersama Ibu Karyati dari Dinas sosial Danramil   melihat langsung kondisi rumah Ibu Pariyem. Setelah mengecek secara langsung Danramil dengan Dinas sosial maka di sepakati untuk hari Rabu tanggal 16 Mei 2018 diadakan karya bakti membersihkan rumah Ibu Pariyem. Dengan biaya yang di usahakan Danramil Kapten Inf Subardi melaksanakan pengecatan dinding serta mengganti alas tidur dengan kasur yang layak. Agar kondisinya lebih baik.Kegiatan ini di dukung oleh FKPPI, Karang Taruna, Linmas dan masyarakat sekitar.
"Saya kasihan dengan keadaan Ibu Pariyem yang sudah tua namun masih terbebani untuk merawat putrinya yang lumpuh sekaligus mencari nafkah demi kelangsungan hidupnya. mudah- mudahan hal kecil yang kita laksanakan ini dapat meringankan beban Ibu Pariyem Serta membuatnya bahagia. Saya berharap bahwa seluruh Babinsa punya kepedulian seperti Serka Sigit maryanto. Dengan demikian keberadaan Babinsa dapat bermanfaat bagi wilayah binaannya" kata Kapten Inf Subardi.
Ibu Pariyem bersama putrinya tak kuasa membendung kebahagiaan, mendapat bantuan langsung dari Danramil dan Babinsa"Terimakasih bapak TNI Alhamdulillah sudah mau membantu kami," ucap Ibu Pariyem.
Serka Sigit Maryanto ternyata tak hanya merenovasi rumah. Anggota Babinsa Koramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta ini juga rutin membagi rezeki kepada keluarga kurang mampu itu, seperti beras dan bahan pokok Iain.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »