Inspirasi

Historia

Koramil 09/Sawit Kodim Boyolali Siap Amankan Tradisi Padusan Di Umbul Tirtomulyo

Post by On Wednesday, May 16, 2018

BOYOLALI,Wartosolo.com - Bertempat di Umbul Tirtomulyo Dukuh Umbul Kecamatan Sawit kabupaten Boyolali personil Ramil 9 Sawit Kodim 0724/Boyolali membantu Polsek Sawit dalam amankan Acara Tradisi Padusan.

Tradisi Padusan menyambut Bulan Ramadhan pada hakekatnya adalah proses menyucikan diri, jiwa serta kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan nilai ibadah. Untuk masyarakat Jawa Tengah terutama wilayah Yogyakarta dan karisidenan Surakarta misalnya masyarakatnya berduyun-duyun membasuh dan memandikan diri mereka di sumur ataupun sumber-sumber mata air yang terdapat di wilayah mereka.


Padusan berasal dari kata dasar adus yang berarti mandi, dalam pengertian budaya padusan merupakan tradisi masyarakat untuk membersihkan diri atau mandi besar dengan maksud mensucikan diri dalam rangka menyambut datangnya hari atau bulan istimewa seperti Bulan Ramadhan.Kegiatan Padusan di Umbul Tirtomulyo ini juga dihadiri Muspika Sawit dan Ketua DPRD kabupaten Boyolali Bp.Parwanto.Semoga budaya yang sudah turun temurun ini mampu dilestarikan oleh para generasi penerus agar tetap lestari sebagai salah satu warisan leluhur.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »