Inspirasi

Historia

Petani Hasil Pendampingan Kodim Surakarta Sukses Panen Raya Padi

Post by On Wednesday, February 07, 2018

Dandim 0735/Surakarta Letkol inf Ali Akhwan (kanan) saat panen raya padi di Wilayah Karang Asem Kecamatan Laweyan,Solo.
SOLO,Wartosolo.com - Kodim 0735/ Surakarta bersama petani melakukan panen padi di Kawasan Karangasem, Laweyan, Solo, Rabu (7/2) pagi. Mereka memanen bahan makanan pokok tersebut di lahan seluas kurang lebih 2.300 meter persegi. 

"Alhamdullillah, hari ini kita bisa memanen hasil tanam hasil pendampingan dari Kodim terhadap petani," terang Dandim 0735/ Surakarta, Letkol Inf Ali Alhwan.


Meski lahan panen padi tergolong sempit, akan tetapi upaya untuk mempertahankan ketersediaan makanan pokok bagi masyarakat terus dilakukan. Upaya tersebut merupakan langkah supaya kebutuhan dasar pangan bagi masyarakat tetap tercukupi. 

"Masalah pangan adalah masalah krusial. Sedangkan, kendala pemenuhan pangan rakyat di Kota Solo ini adalah ketersediaan lahan," jelasnya. 

Dari lahan sekitar 2.300 meter persegi ini, kata Dandim, petani mampu memperoleh hasil panen sekitar hampir dua ton padi basah. Jumlah tersebut masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan kawasan lain yang memiliki lahan lebih luas untuk ditanami padi. 

"Maka dari itu, kami berupaya agar lahan tidur yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) ataupun instansi lain dapat dimanfaatkan supaya menggenjot hasil panen padi di Kota Solo," kata Dandim. 

Sementara itu, salah seorang petani, Paiman mengaku, jika lahan yang digarapnya meeuoakan bagi hasil dengan pemilik lahan. Nantinya, hasil panen tersebut akan dibagi sesuai kesepakatan dengan pihak pemilik lahan. 

"Di Solo ini sudah jarang petani yang memiliki lahan sawah. Kebanyakan, mereka bagi hasil. Lahan milik pemilik, sedangkan petani yang mengerjakan. Hasilnya, bisa 50-50 tergantung dari pengolahan padi hingga panen ini," jelas petani yang juga selaku ketua Kelompok Tani Bulak Indah, Karangasem tersebut. 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »