Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Mabes Polri Pantau Langsung Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018

Mabes Polri Pantau Langsung Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018

Posted by WARTO SOLO on Selasa, 30 Januari 2018

simulasi-pilkada-kra-2

(KARANGANYAR,wartosolo.com) - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 serentak, Polda Jawa Tengah, mengintensifkan pengamanan wilayah yang masuk rawan kericuhan. Pengamanan berlapis serta atnisipasi kericuhan menjadi penekanan dalam simulasi pengamanan Pilkada  serentak yang digelar di Alun-Alun Karanganyar, Selasa (30/1/2018). 

Simulasi yang melibatkan hampir seribuan personil kepolisian Polres Karanganyar dan satu SSC personil Detasemen C Satuan Brimob Polda Jateng, menunjukkan kesiagapan mengantisipasi adanya kericuhan saat Pilkada. Berbagai simulasi kericuhan diperagakan selama hampir 3 jam. Seperti tindakan cepat reaktif menghalau kericuhan massa, serta  pengamanan KPU penyelenggara pemilu maupun calon pasangan. 

“Saya bertugas melihat kesiapan Polda Jawa Tengah untuk pengamanan Pilkada serentak. Setelah melihat simulasi ini, saya optimis Jajaran Polda Jawa Tengah dan Polres Karanganyar siap mengamankan Pilkada serentak 27 Juni 2018 nanti,” papar Kakor Sabhara Mabes Polri Irjen Pol Sudjarno kepada awak media usai menyaksikan simulasi. 
BACA : Wakil Bupati Karanganyar Ingatkan Netralitas PNS 
Dalam pengamanan Pilkada serentak, Polri masih dibackp up dengan personil TNI yang bersama-sama memastikan pemilihan berjalan dengan lancar. Kepolisian  memberikan apresiasi terhadap komitmen TNI dan Polri dalam  menjaga netralitas  di Pilkada serentak. 

Tak hanya itu, Pilakda serentak 2018 yang diikuti 171 daerah membuat Polri kian intens melakukan koordinasi, baik  pengamanan jelang kampaye maupun menjelang pencoblosan nanti. Acaman, kata Irjen Pol Sudjarno dapat muncul saat awal, proses  perhitungan maupun pasca. Oleh karena  itu, pihaknya meminta tidak memandang remeh informasi sekecil apapun. 

“Evaluasi Sispamkota kabupaten/kota ini ditangani oleh Polda setempat. Sedangkan Sispamkota Provinsi dievaluasi Mabes Polri,” tambah  Ketua Tim Asistensi dan Pamatwil Mabes Polri untuk Pilkada Jawa Tengah itu.
simulasi-pilkada-kra-1


Pantuan dalam simulasi ini,  memperagakan kesiapsiagaan petugas  dari tim gegana yang berhasil menjinakkan bom yang dipasang di depan kantor KPUD Karanganyar. bahkan, simulasi juga memperagakan  kecewa salah satu pendukung pasangan calon  terhadap hasiul pemungutan suara di TPS 04 Jungke, Karanganya yang berakhir bentrok dengan petugas.  (hrn)
SIMAK JUGA : Marsekal TNI AU Yuyu Sutisna Kunjungi Sekolah Unggulan Boyolali

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>