Inspirasi

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Endang Geram Rumah Warga Giriroto Berdinding Gedek, Berlantai Tanah

Post by On Sunday, August 27, 2017


rumah-tak-huni-layak

BOYOLALI,wartosolo.com-Anggota Fraksi Golkar DPR RI Endang Srikarti Handayani tak bisa menyimpan rasa geramnya dengan kondisi warga Dukuh Gumukrejo, Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jateng.  Saat melakukan sidak di desa leluruh Presiden Joko Widodo ini, Jumat 25 Agustus 2017 malam,  Wakil rakyat dari Komisi VI DPR RI ini melihat contoh rumah warga yang masih dalam kategori tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH). 
Kondisi rumah-rumah warga ini reot, berdinding anyaman bambu (gedeg) dan berlantaikan tanah. Tak hanya itu saja, warga kurang mampu ini tiap bulannya harus dipungut tagihan listrik PLN yang di luar kemampuan mereka. 
"Nuwun sewu, zaman sekarang ini masih ada rumah berlanta tanah dan dinding gedeg. Ini tidak layak huni. Demi kemakmuran, kesehatan rakyat, rumah-rumah ini harus direvitalisasi," tegasnya kepada wartosolo.com.    
Menurutnya kebijakan BUMN yang memukul rata tarif listrik amat mencekik leher warga Gumukrejo yang berada di bawah kemiskinan. Kebijakan ini tidak bisa dibiarkan karena warga kecil yang terkena getahnya. Hal itu langsung disampaikan kepada perwakilan perusahan plat merah yang kebetulan ikut dalam sidak ini. 
"Ini ada orang miskin berlangganan listrik, kenapa bayaran terlalu tinggi, itu tidak masuk akal. Mereka itu bukan orang kaya, kenapa harus membayar listrik yang memberatkan begini," keluhnya. 
rumah-huni-tak-layak


Endang mendesak pemerintah untuk tanggap dengan apa yang dibutuhkan rakyat. Bahkan, menteri yang ada di Jakarta juga diminta turun langsung untuk mengecek hal ini. 
"Cobalah menteri atau dirjen turun ke sini lihat ke rakyat tidak hanya di Jakarta saja," sindirnya.  
Endang mengaku keberadaanya di Boyolali ini karena warga setempat meminta untuk datang dan berdialog. Dirinya pun tak segan malam-malam berkunjung ke rumah warga di perbatasan Boyolali-Karanganyar ini. Dialog singkat juga dilakukannya dengan warga Gumukrejo dan Klelesan, Giriroto, Ngemplak, Boyolali
Supar warga setempat mengaku, puluhan warga di Gumukrejo ini memilik rumah yang tidak layak huni. Dirinya senang ada tokoh politik atau pemerintah yang peduli dengan kondisi desanya. (*/wartosolo.com)
rumah-tak-layak-huni
Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu...
Klik juga Like fanpage  (https://facebook.com/solowarto)
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/wartosolocom)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »