Inspirasi

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kodim 0735 Solo Buat 20 Lubang Biopori

Post by On Friday, May 12, 2017


SOLO,wartosolo.com - Kodim 0735 Solo membuat 20 lubang biopori di ruang terbuka hijau kompleks Stadion Manahan Solo, Jateng. Pembuatan lubang biopori bertujuan untuk menangani masalah genangan air di wilayah Manahan.
kodim-solo-biopori
Pemasangan biopori di kompleks Satdion Manahan

Komandan Kodim 0735 Letkol Infantri Edwin Apria Candra  mengatakan, genangan air selalu menjadi persoalan serius di Kota Solo. Setiap hujan deras dalam waktu lebih dari satu jam di Manahan terdapat banyak genangan air.
Pihaknya sering melihat ketinggian genangan air di Manahan mencapai 20 sentimeter sampai 25 sentimeter. Genangan air tersebut mengganggu aktivitas warga yang sedang berada dilokasi tersebut.


Kodim bergerak membantu Pemkot Solo dalam menangani persoalan genangan air di Kota Solo dengan membuat lubang biopori. Kodim tahun ini mendapatkan bantuan sebanyak sepuluh alat bor pembuang biopori dan enam puluh paralon lubang biopori,
"Alat bor dan paralon biopori merupakan bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) yang diserahkan di Makorem 074/Warastratama Surakarta beberapa waktu lalu." 
Pembuatan lubang biopori dilakukan dengan cara mengebor tanah dengan kedalaman 80 sentimeter. Setelah itu paralon biopori diberi sampah daun yang sudah kering kemudian ditanam di dalam tanah.
Dandim 0735 menjelaskan manfaat lainnya biopori adalah menghasilkan
pupuk organik serta dapat mempertahankan kesuburan tanah. Ia menambahkan pembuatan biopori  menangani persoalan banjir.
Proses pemasangan biopori kali ini melibatkan sejumlah elemen masyarakat seperti linmas. Bersama TN bahu membahu memasang biopri ini.   (*/wartosolo.com)
biopori-kodim-solo
Bahu membahu pasang biopori
kodim-biopori-solo
Persiapan pemasangan biopori



Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu...
Klik juga 
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/wartosolocom)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »