Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » , » Ini Dampak Memanasnya Konflik Internal Keraton Solo

Ini Dampak Memanasnya Konflik Internal Keraton Solo

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 06 April 2017


SOLO,wartosolo.com- Kian memanasnya konflik internal Keraton Surakarta, belakangan berdampak luas. Hal yang paling dirasakan adalah kunjungan wisata ke objek tersebut. 
Adanya konflik internal tersebut jelas mengganggu kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional. Akses wisatawan untuk masuk ke kompleks keraton terhambat semenjak konflik ini pecah.
Menurut pengelola museum Keraton Surakarta, penutupan museum atas perintah pihak terkait.    “Senin sempat dibuka untuk umum. Tapi Selasa sengaja ditutup, karena di kompleks Kamandungan banyak aparat kepolisian,” ungkap KRMH Suryo Adimijaya.

konflik-internal-keraton-ditutup
Keraton Surakarta dijaga ketat aparat
Sampai sekarang penutupan museum masih berlanjut. Bahkan pengelola museum pun tak bisa memastikan sampai kapan penutupan salah satu objek wisata keraton diberlakukan. “Yang jelas menunggu situasi kondusif terlebih dahulu.”
Selama ini pengelola keraton telah memberikan rute tetap paket wisata. Yakni Pagelaran-Siti Hinggil-museum-bangunan keraton. Sebenarnya, ada satu paket yang bisa dikunjungi yakni Pasar Klewer. Namun semenja pasar sandang itu terbakar akhir 2014, rute tersebut bertambah pendek lantaran Pagelaran digunakan berjualan pedagang Pasar Klewer.
Pengelola museum pun menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan kunjungan wisata ini. 
“Kami minta maaf kepada masyarakat. Objek wisata seperti museum dan perpustakaan sengaja ditutup untuk sementara waktu ditutup," ucap Pengageng Museum dan Pariwisata, KGPH Puger. 
Dalam setahun data akhir 2016 total kunjungan wisatawan ke Solo 2016, mencapai angka 3.949.611.  Adanya konflik internal di keraton keturunan Mataram ini jelas menurunkan kunjungan wisata ke Solo. (*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>