Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » , » Sejak Bertahun-tahun TK di Boyolali ini Numpang Listrik Rumah Warga

Sejak Bertahun-tahun TK di Boyolali ini Numpang Listrik Rumah Warga

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 09 Maret 2017

BOYOLALI,wartosolo.com- Hanya gara-gara tak memiliki biaya untuk memasang listrik PLN, TK di Dukuh Ngepreh RT 02 RW 04 Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jateng memilih numpang aliran listrik di rumah warga. Hal itu dilaporkan orang tua siswa mengingat sudah bertahun-tahun TK ini belum mampu memasang listrik sendiri. Beruntung ada warga yang berbaik hati mengalirkan listrik ke TK. Agar pada malam hari dan aktivitas belajar mengajar masih ada penerangan. Orang tua siswa yang mengaku bernama Lanang U, mengatakan, TK Pertiwi 2 adalah TK mandiri yang dikelola warga sekitar dengan guru yang seadanya. Meski TK kecil, jumlah siswanya cukup banyak sekitar 60-an.  
"Jumlah siswanya banyak, tapi ya itu, TK nya tak mampu pasang listrik sendiri," katanya.
pemasangan genting TK Pertiwi 2 Dibal, Ngemplak, Boyolali
Pasang genting

Ia mengaku prihatin dengan kondisi TK. Terlebih saat musim penghujan beberapa hari ini, angin puting beliun merusak beberapa bagian sekolah. Sehingga ada genting yang berterbangan atau usuk atap yang patah. Di lain itu Lanang mengaku ikut prihatin TK tempat anaknya belajar masih belum pasang listrik sendiri. 
"Saya sempat tidak percaya tempat anak saya belajar tak ada listrik. Setelah saya tanyakan langsung ke pengelola TK ternyata benar. Listriknya minta dari warga," katanya.
Warga Dibal itu mengakui memang pihak sekolah tak memiliki uang untuk memasang jaringan listrik. Pasalnya memasang listrik baru biayanya bisa Rp 1,5 jutaan. Bagaimana pun juga pihak TK juga tidak mau membebani orang tua siswa yang menitipkan anaknya ke TK. Karena orang tua siswa rata-rata perekonomianya rendah.
"Kata pihak TK untuk sementara, TK meminta listrik dari warga dan ikut membayar tagihan," katanya. 
Ia dan sejumlah orang tua wali murid juga sudah berupaya menemui sejumlah donatur sudah agar mau membantu membiayai pemasangan listrik. Namun sampai sekarang pemasangan listrik belum juga terealisasi. 
Kepala TK Pertiwi 2, Lestini Spd mengakui, aliran listrik TK-nya masih mengandalkan bantuan warga. Tiap ada setiap kerusakan bangunan dan fasilitas TK, ada saja warga yang membantu.(*)


Jika artikel ini bermanfaat : 
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/wartosolocom)
Jadikan anda yang pertama berkomentar

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>