Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Pelajar Dianjurkan Naik Bus ke Sekolah, Nekat Naik Motor Bisa Terjaring Terazia

Pelajar Dianjurkan Naik Bus ke Sekolah, Nekat Naik Motor Bisa Terjaring Terazia

Posted by WARTO SOLO on Selasa, 07 Maret 2017

SOLO,wartosolo.com - Satuan Lalu Lintas Polresta Solo mulai gencar melakukan razia pengendara sepeda motor pelajar di bawah umur. Razia tersebut dilakukan untuk menekan angka kecelakaan dikota solo khususnya di kalangan pelajar.
Kasat lantas Polresta Solo Kompol Imam Syafi’i mengatakan larangan pelajar membawa sepeda motor di lembaga pendidikan sudah lama diterapkan. Namun larangan tersebut belum efektif, sehingga perlu dilakukan penindakan pada tahun ini.

polisi gelar razia di sekolah
Kecelakaaan lalin
Pihaknya mulai menindak lanjuti kebijakan tersebut dengan mengacu pada UU Nomor 22/2009 tentang LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan). Pemkot Solo pernah membuat memoradum of understanding (mou) dan memorandum of agreement (moa) soal larangan pelajar di bawah 17 tahun mengendarai kendaraan bermotor ke-sekolah.

Satlantas sebagai pemegang wewenang penindakan pelanggaran di lapangan gencar melakukan razia disekolah //pada awal januari satlantas mulai gencar menggelar razia di pintu masuk sekolah. Pertimbangan satlantas menggelar razia di sekolah untuk memberikan efek jera kepada pelajar.
 
Selain itu razaia tersebut juga dilakukan untuk menekan angka laka lantas yang melibatkan pelajar di Kota Solo. Pada 2016 tercatat  681 kasus kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah tersebut, 67 di antaranya meninggal dunia. Korban meninggal dunia 20 persennya adalah pelajar umur 15 tahun sampai 19 tahun.
 
Tentunya hal ini membuat sangat memprihatinkan lantaran banyaknya pelajar yang menjadi korban laka lantas. Razia pelajar yang mengendarai sepeda motor ke-sekolah juga menyesuaikan kondisi. Razia dilakukan di sekolah di sepanjang jalur rawan laka lantas, seperti Jalan Adi Sucipto, Jalan Ahmad yani, dan Jalan Slamet Riyadi.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>