Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Netizen Heboh, ''Aurora'' Muncul di Angkasa Boyolali

Netizen Heboh, ''Aurora'' Muncul di Angkasa Boyolali

Posted by WARTO SOLO on Jumat, 17 Maret 2017


BOYOLALI,wartosolo.com-Sebuah fenomena alam yang sungguh-sungguh mengagumkan muncul di ufuk barat Solo Raya, tepatnya di cakrawala Boyolali, Jumat 17 Maret 2017 petang. Fenomena alam yang sejumlah netizen menyebutnya sebagai aurora ini direkam dalam kamera ponsel. Berbagai foto-foto detik-detik sinar matahari tertutup awan, hingga menghilang di pergantian hari membuat netizen terpukau. 


foto-boyolali-aurora
Fenomena alam di langit Boyolali

Fenomena ini menjadi perbincangan hangat di fanpage BOYOLALI KOTA (BOYKOT) https://web.facebook.com/groups/boyolalikab/?ref=bookmarks. Salah satu netizen yang membuat status di fanpage tersebut, Anis Nur E dengan mengupload beberapa foto langsung mendapatkan respons netizen lainnnya. Bahkan para member grup itu ikut-ikut mengupload foto yang dimiliki, dan tak lupa memberikan komentarnya.
Seperti ungkapan  netizen bernama Joko Susilo. Ia mengatakan, fenomena itu pertanda musim kemarau segera datang. "Kui jenenge tondo2 musim kemarau mulai teko... Wong adol banyu mugo mugo laris. aamin," katanya.
Sementara netizen Chrisna Bongkeng mengatakan, "Apik lur lukisane Allah," katanya.
Fenomena lembayung senja

Namun ada netizen bernama Fitri Astuti yang menyebutkan bawah fenomena itu adalah lembayung senja.
aurora-foto-boyolali
Jepreten netizen di FP Boykot

Meski pun berbagai pendapat dilontarkan, fenomena alam itu tetap fantastis. Bisa menjadi hiburan masyarakat saat ini.
Berdasarkan, wartosolo.com di sejumlah sumber, fenomena di atas cakrawala yang didiskusikan netizen bisa disebut lembayung senja.
Dalam istilah alam ada istilah lembayung yakni masa berakhirnya senja. Lembayung itu memiliki arti warna merah jingga, sebuah warna yang memang terlihat ketika matahari hampir terbenam. Secara harafiah, waktu lembayung senja merupakan fase ketika matahari hampir sepenuhnya terbenam. Waktu merendahnya matahari dimulai ketika pukul tiga sore. 
boyolali-foto-aurora
Fenomena alam
Fase ini ditandai dengan condongnya matahari ke ufuk barat dan berubahnya cahaya matahari perlahan dari kuning keemas-emasan menjadi merah jingga. Cakrawala akan berubah menjadi merah jingga atau oranye ketika lembayung. Hawa panas akan berangsur-angsur menjadi sejuk.
boyolali-aurora-foto
Matahari nyaris tenggelam
Fenomena lembayung senja merupakan fase puncak dari pergerakan matahari dalam satu hari. Ketika lembayung berakhir, matahari telah utuh terbenam di ufuk barat dan secara perlahan akan berganti dengan kegelapan. Bersyukurlah bagi netizen yang masih menikmati saat-saat yang romantis ini, karena ketika lembayung dan senja banyak sekali diidiomkan orang sebagai saat-saat yang paling romantis di samping saat matahari terbit dan bulan purnama dengan bintang gemintangnya. (*/)

aurora-boyolali-foto
Fenomena lembayung senja

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>