Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Uji KIR Keliling Jadi Gebrakan Terbaru Pemkab Boyolali

Uji KIR Keliling Jadi Gebrakan Terbaru Pemkab Boyolali

Posted by WARTO SOLO on Selasa, 21 Februari 2017


BOYOLALI,wartosolo.com-Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah melakukan gebrakan di awal tahun 2017 ini. Kini giliran Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyolali membuat terobosan dengan mengeluarkan kebijakan pro-rakyat yakni menggelar Uji KIR keliling dengan sasaran daerah-daerah pelosok yang jauh dari perkotaan. 
uji-kir-keliling
Uji KIR keliling
Menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Dishub Kabupaten Boyolali Nomor 551.2/165/22/2017 tentang Pelayanan uji kendaraan keliling berkala di Kabupaten Boyolali. Mulai akhir Februari ini, kebijakan ini diberlakukan di daerah. Untuk langkah awal Uji KIR keliling Dishub langsung menyasar daerah terpelosok yakni Kecamatan pada Sabtu 25 Febrari 2017 mendatang di Halaman Kantor Kecamatan setempat. pelayanan serupa akan dilanjutkan di tempat yang sama pada Juli Sabtu (29/7). 
Berturut-turut bulan Februari ini pada Sabtu (25/2) mendatang di Halaman Kantor Kecamatan Juwangi. kemudian, Sabtu (25/3) dan Sabtu (26/8) di Lapangan Kecamatan Selo. Sementara di Kecamatan Simo selama tiga kali yakni pada April, Sabtu (22/4), September, Sabtu (23/9) dengan lokasi di Terminal Simo, dan Desember pada Sabtu (23/12) mengambil tempat di Halaman Kantor Kecamatan Simo.
Jadwal berikutnya, Mei mengambil lokasi di Lapangan/Balai Desa Kebonan Karanggede Sabtu (27/5) dan Sabtu (28/10). Tempat terakhir di Lapangan Kecamatan Nogosari pada bulan Juni akan dilaksanakan pada Sabtu(24/6) dan Sabtu (25/11)


Tingkatkan PAD 

Menurut Kepala Dishub Boyolali, Bony Facio Bandung pelaksanaan Uji KIR keliling  guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya memberikan kemudahan pelayanan bagi warga yang berdomisili di wilayah yang jaraknya jauh dari kantor Dishub Boyolali. Selain itu juga untuk mengakomodir warga lain daerah luar Boyolali agar bisa memanfaatkan uji kendaraan bermotor keliling ini.
“Dishub Boyoalali dalam pelayanan kepada masyarakat memberikan uji kir kendaraan di kantor Dishub dan mulai 2017 ini akan melaksanakan uji kir kendaraan keliling di lima kecamatan dengan 11 kegiatan,” terang Bony.
Tujuan lain dari kegiatan ini tak lain adalah mengintensifkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor uji kendaraan bermotor. Mengingat jarak yang lumayan jauh, dimungkinkan warga daerah lain tertarik untuk melakukan uji di lokasi uji kendaraan yang telah dijadwalkan. 
Uji berkala keliling ini meliputi uji berkala perpanjangan masa berlaku, mutasi masuk, penggantian kartu uji dan tanda uji yang hilang atau rusak. Sementara pelayanan ini tidak berlaku bagi pemohon pendaftaran wajib uji baru, uji berkala pertama, perubahan spesifikasi teknis dan mutasi keluar.
Kelebihan lain dari mobil uji keliling ini materi uji meliputi emisi gas buang, pengukur berat, uji rem, pengukur kecepatan dan sistem lampu. Untuk itu pihaknya berharap masayarakat, agar memanfaatkan pelayanan ini yang akan berlangsung dari pukul pukul 08.00 hingga 11.00 WIB di lokasi yang terdekat dengan tempat tinggalnya. (*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>