Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Pentingnya Peran Serta Masyarakat dalam Pemberantasan Narkoba

Pentingnya Peran Serta Masyarakat dalam Pemberantasan Narkoba

Posted by WARTO SOLO on Senin, 13 Februari 2017


SOLO,wartosolo.com- Peredaran narkoba yang kian memprihatinkan membuat aparat kepolisian terus berupaya keras untuk menghentikannya dengan menangkan para bandar dan pengguna. Dalam penangkapan tersebut, petugas juga meminta peran masyarakat untuk turut serta membantu memberantas narkoba dengan melapor ke-pihak berwajib saat mengetahui adanya transaksi jual beli narkoba. Hal ini disampaikan oleh Kasat Narkoba Polresta Surakarta, Kompol Ary Sumarwono. Dirinya mengatakan dalam pemberantasan narkoba, peran masyarakat sangatlah penting. Sehingga masyarakat diminta untuk selalu berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam melakukan kerja sama, untuk memberantas peredaran narkoba.


Pentingnya Peran Serta Masyarakat dalam Pemberantasan Narkoba
Sosialisasi narkoba
 Menurutnya peredaran narkoba di Indonesia sudah sangat memprihatinkan, pasalnya peredarannya sudah merambah kesemua kalangan, termasuk mahasiswa dan pelajar. Di Kota Solo sendiri, Satuan Reserse Narkoba Polresta Surakarta, kerap mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba yang pelakunya didominasi dari kalangan bawah seperti tukang parkir, satpam, dan buruh. "Karena hal inilah petugas kepolisian terus berupaya memberantas peredaran narkoba dengan melakukan operasi baik pada siang hari maupun malam hari untuk mensterilkan masyarakat dari narkoba," terangnya. 
 Kasat juga menambahkan operasi yang dilakukan oleh pihaknya ini menyasar ke tempat hiburan malam yang mana tempat-tempat inilah yang kerap dijadikan sebagai lokasi transaksi jual-beli narkoba. Selain itu pihaknya juga memberikan pembekalan terhadap anggota linmas untuk membantu memonitor peredaran narkoba di perkampungan. Pasalnya selain di tempat hiburan malam, bandar-bandar besar ini kerap melakukan transaksi di kawasan perkampungan yang sepi dengan meletakan barang haram tersebut ditempat tersembunyi, seperti di selokan ataupun di kubur di dalam tanah.
 Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa dalam kurun waktu satu bulan, Satnarkoba Polresta Surakarta berhasil menangkap dua belas pelaku penyalahgunaan narkoba yang terdiri atas kurir dan pengguna. Yang lebih unikanya lagi ada seorang pelaku yang melakukan transaksi secara terang-terangan dengan menawarkan shabu kepada pengunjung yang mampir ke warung pelaku. 
Dalam kasus ini petugas berhasil menangkap pelaku berkat kerja sama masyarakat yang sebelumnya melapor setelah mengetahui adanya aktivitas jual-beli narkoba di tempat tersebut. Sehingga petugas kepolisian langsung menuju tkp dan melakukan pengecekan, dan saat di lokasi ternyata petugas menemukan sejumlah paket shabu yang sudah terbungkus rapi diplastik klip kecil untuk diedarkan. (*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>