Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Mengenal Lebih Dekat dengan Gedung DHC 45 Solo

Mengenal Lebih Dekat dengan Gedung DHC 45 Solo

Posted by WARTO SOLO on Senin, 13 Februari 2017

Gedung-DHC-45-Solo
Plakat gedung HDC

SOLO,wartosolo.com- Apabila anda melintas di depan Beteng Trade Center (BTC) ataupun Pusat Grosir Solo (PGS), keaarah timur di kanan jalan anda akan mendapati sebuah bangunan tua peninggalan sejarah. Bangunan tua tersebut adalah gedung DHC 45 yang saat ini digunakan sebagai kantor sekertariat para veteran di Kota Solo. Untuk mengetahui sejarah kapan berdirinya gedung ini. Berikut tulisannya yang diirai panjang lebar dengan narasumber seorang veteran sekaligus anggota dewan harian DHC 45. 

Inilah gedung Dewan Harian Cabang (DHC 45) Solo. Gedung ini tampak masih berdiri kokoh. Bangunan tua ini sekarang digunakan sebagai kantor para veteran di Kota Solo. Kondisinya juga masih tampak begitu terawat, meskipun ada beberapa tembok yang sudah berlumut lantaran termakan zaman.
Gedung yang termasuk dalam bagunan cagar budaya (BCB) tersebut, sebelumnya juga sempat dilakukan revitalisasi lantaran ada beberapa bangunan yang runtuh. Namun bangunan ini tetap dikembalikan pada bentuk awalnya, lantaran sudah masuk dalam bangunan cagar budaya. 

Solo-Gedung-DHC-45
Arsitektur kuna HDC

Kini beberapa bagian bangunan bersejarah tersebut juga difungsikan sebagai museum perjuangan, galeri seni, serta tempat jajanan kuliner khas Solo. 
Sujinto selaku ketua DHC 45 menyampakan, bahwa berdasarkan sejarah, menurut riwayat gedung DHC 45 didirikan pada 1876. 
"Awalnya gedung tersebut adalah sekolah dan asrama yang dibangun pemerintah kolonial Belanda sebagai pelengkap kompleks militer Benteng Vasternburg, Pada massa pendudukan Jepang, gedung tersebut kemudian dijadikan markas tentara Jepang  dengan sebutan Senkokan. Setelah berhasil direbut kembali oleh TNI gedung tersebut kemudian secara berurutan sempat difungsikan sebagai panti asuhan markas kesatuan TNI dan akhirnya dipakai untuk kantor para pengurus DHC 45," urainya.,

Bangunan militer

Seperti bangunan lama pada umumnya gedung ini belum mengenal sistem tulang di tiap sudutnya seperti yang dikenal sekarang berupa beton atau baja. Hanya ada batu bata yang saling berkaitan dan terdiri atas dua lapis susunan bata. "Itu sudah cukup menjadi tulang dan membawa bangunan ini bertahan melewati panas-hujan selama ratusan tahun, " terang Sujinto.
Solo-DHC-45-Gedung
Halaman gedung HDC
Gedung DHC 45 ini merupakan bangunan militer paling efektif pada eranya. Seperti yang terlihat satu-satunya material di samping batu-bata yang didominan dalam konstruksi ini kayu. Struktur kayu-kayu besar terlihat jelas begitu anda masuk ke-dalam ruangan utama bagian tengah, terutama jika kepala mendongak ke-atas.
Selain sebagai bahan utama kusen, pintu, dan jendela, seluruh tiang di gedung DHC 45 ini dibuat dari kayu. Peran kayu ini sangat dominan mengingat gedung ini memiliki dua lantai. Di lantai 2 termasuk balkon, peran kayu sangat besar mulai dari lantai, rangka lantai, tiang, tangga, hingga rangka atap.
Dari bentuknya gedung yang berdiri sejak 1876 ini memang didesain untuk mendukung kepentingan militer. Lokasinya yang berada di sebelah selatan Benteng Vasternburg membuat bangunan ini strategis bagi strategi penguasaan kota ala pemerintah kolonial Belanda saat itu.
Dalam perkembangannya ruang-ruang besar ini tak terawat sebelum direvitalisasi. Halaman belakang juga hanya dimanfaatkan untuk parkir becak dan gerobak pedagang kaki lima. Bangunan ini juga merepresentasikan arsitektur yang cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia.
Jendela yang tidak terlalu besar dan langit-langit yang cukup tinggi membuat bangunan ini tidak panas, meski tanpa ac. Meskipun demikian, bangunan ini merupakan bangunan yang sangat fungsional di zamannya.
Itulah sedikit gambaran serta sejarah gedung DHC 45 Solo. Dan diharapkan kedepan gedung bersejarah ini /bisa menjadi satu pusat edukasi sejarah di Kota Solo. 
45-Solo-Gedung-DHC
Sisi lain bangunan HDC

DHC-45-Solo-Gedung
Tangga unik bangunan HDC

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>