Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Ini Dia Gerakan yang Efektif Cegah Pelajar Nongkrong Saat Jam Belajar

Ini Dia Gerakan yang Efektif Cegah Pelajar Nongkrong Saat Jam Belajar

Posted by WARTO SOLO on Senin, 27 Februari 2017

Gerakan-18.21


BOYOLALI,wartosolo.com-Nama gerakannya adalah Gerakan 18.21. Gerakan yang diambil dari angka jam yakni pukul 18.00 (6 petang) dan 21.00 (9 malam) dicanangkan di Banyudono, tepatnya di SMAN 1 Banyudono, Boyolali oleh Wakil Bupati  M Said Hidayat, Ketua DPRD S Paryanto, Camat Banyudono Rita Puspitasari. Tujuan gerakan ini tak lain adalah tindakan pemantauan ketat aktivitas pelajar di Banyudono pada jam-jam tersebut. Apakah pelajar banyak di rumah menonton TV, dolanan HP ataukah memilih menongkrong di tepi jalan ? Serta, gerakan itu memberikan kewenangan penuh kepada pihak terkait untuk memberikan perhatian penuh kepada orang tua untuk memperhatikan anak-anaknya.  Bila pada jam-jam tersebut, ada pelajar yang nekat nongkrong bisa diberikan pembinaan dan dilaporkan kepada orang tua. Lalu bila ada pelajar yang nekat nonton TV atau main ponsel, maka orang tua juga bisa diberi pengarahan. 


Menurut pemrakarsa gerakan Suyanta, gerakan ini bertujuan mulia.
“Dengan pencanangan gerakan ini, pihak orang tua dan masyarakat yang menjadi ujung tombak, bisa lebih peduli akan pendidikan anak-anak mereka,” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Banyudono, Boyolali.
Suyanta yakin bila gerakan ini benar-benar dijalankan dengan sepenuh hati, konsisten dan jangka panjang. Maka angka kenakalan remaja di masyarakat bisa turun drastis. Selain itu, tingkan akademik siswa juga akan meningkat drastis karena mereka belajar di rumah.
Pemangku Kecamatan Banyudono, Camat Rita Puspitasari menegaskan akan adanya tim yang aktif melakukan sosialisasi, juga akan bergerak melakukan razia, menyisir lingkungan Banyudono. Jika ada anak usia pelajar yang kedapatan nongkrong atau bermain, akan kami minta pulang untuk belajar. "Selain itu juga kami data untuk pendekatan kepada orang tua,” jelasnya. (*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>