Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Beginilah Proses Revitalisasi Kali Pepe yang Kelak Dijadikan Ikon Solo

Beginilah Proses Revitalisasi Kali Pepe yang Kelak Dijadikan Ikon Solo

Posted by WARTO SOLO on Senin, 20 Februari 2017



SOLO,wartosolo.com-Proses revitalisasi Kali Pepe mulai dikebut pengerjaanya dan saat ini sudah mulai kelihatan bentuk aslinya. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk mempercepat proses pengerukan dasar sungai yang bermuara di Bengawan Solo. Kegiatan yang paling menonjol terlihat di antaranya pemasangan kawat besi pondasi sungai di timur RS Brayat Minulya. Sejumlah pekerja dengan helm proyek, berompi nampak tekun membuat pondasi, sementara dasar kali  bagian selatan dibendung untuk mengalirkan air.

revitalisasi-solo-pepe-kali
Ikon Solo
Kelak, ada tiga paket pekerjaan Kali Pepe yang diselesaikan. Pertama pengerjaan bagian hulu mulai dari Boyolali hingga Bendung Karet Tirtonadi. Kedua, Kali Pepe Hilir dari Bendung Karet Tirtonadi sampai Demangan serta yang terakhir pembangunan parapet Bengawan Solo dari Jurug sampai Mojo.
Nah, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) sebagai pihak yang berwenang dalam proyek fisik ini mentargetkan revitalisasi Kali Pepe berakhir pada 2018. Mengingat jadwal pelaksanaan revitalisasi Kali Pepe berlangsung hanya selama 27 bulan

Magnet wisata

Begitulah kira-kira proses pengerjaan proyek teranyar yang kelak bakal disyukuri khususnya warga Solo sebagai ikon kota, dan umumnya masyarakat luas ?


Lalu bagaimana dengan perkiraan hasil akhir dari proyek revitalisasi hingga menjadi wahana wisata baru di kota berjuluk Bengawan itu ? 
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menuturkan, ada potensi menggiurkan dari sungai yang membelah kota Solo mulai dari utara hingga ke timur itu. Misalnya saja potensi budaya ekonomi yang tinggi yang diperoleh dari wisata airnya.
Rudy menuturkan proyek yang digelar sejak 2015 lalu bisa menjadi magnet wisata baru di Solo 
"Wisata air telah dimulai digarap dari BRI Jalan Jenderal Sudirman hingga belakang Pura Mangkunegaran. Taman Keprabon ini masuk menjadi salah satu penataan Kali Pepe,” kata Rudy panggilan wali kota.
Begitulah kira-kira mengapa proyek revitalisasi bisa menjadi perhatian masyarakat dan khususnya media massa baik cetak maupun elektronik.  (*/)



revitalisasi-kali--solo-pep
Proyek pengerukan


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>