Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Penempatan Pasar Klewer Baru Bangkitkan Pasar Tradisional di Indonesia

Penempatan Pasar Klewer Baru Bangkitkan Pasar Tradisional di Indonesia

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 01 Desember 2016


SOLO,wartosolo.net--Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, bencana kebakaran menghampiri pasar-pasar tradisional di Indonesia. Pasar Klewer Solo sebagai pasar sandang terbesar di Asia Tenggara tak luput dari bencana itu. Nasib pasar tradisional di Tanah Air seolah diujung tanduk.
Pada akhir 2016 ini tersiar kepastian, Pasar Klewer Solo yang terbakar sejak dua tahun silam bakal beroperasi. Diyakini, aktivitas penuh pasar yang diresmikan Presiden Soeharto pada 1971 ini bakal berimbas kepada kehidupan pasar-pasar tradisional yang mengalami nasib yang sama.


pasar-bangkit-klewer
Ceramah Ketum DPP IKAPPI
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI), Abdullah Masyuri menyebut kehadiran Pasar Klewer yang baru sebagai ikon dan kiblat bagi pasar tradisional di Indonesia memberikan spirit bagi pasar-pasar lainnya. 
"Bangkitnya Pasar Klewer, maka akan membangkitkan pasar tradisional yang lain yang sedang dibangun atau terbakar," tegas Mansyuri kepada suaramerdeka.com sebelum memberikan pidatonya dalam acara pertemuan pedagang Pasar Klewer dengan pengurus HPPK, KPP Pratama dan pengurus IKAPPI di Diamond Convention Hall, Solo, Rabu 30 November 2016 malam.

klewer-pasar-bangkit
Berikan Semangat
Ia menuturkan, aktivitas pedagang di Pasar Klewer yang baru akan membuktikan kepada dunia, bahwa pasar tradisional di Indonesia masih tetap eksis. Proses pembauran masyarakat dari berbagai golongan, suku, ras dan latar belakang juga aktif kembali. Di sana ribuan orang secara bersama-sama akan berinteraksi, berkomunikasi, bergotong royong dan tentunya berjual beli. Perputaran uang dalam jumlah besar akan menjadi pemandangan sehari-hari.
"Kami dari IKAPPI tutur bersuka cita atas kepastian dibukanya kembali pasar tradisional terbesar di Indonesia itu," katanya.
Masykuri berpesan selama menempati pasar yang baru, para pedagang terus berkomunikasi dan berinteraksi. Silaturahim sesama pedagang, pengurus dan pemerintah terus dibangun. Dengan begitu eksistensi dan keharmonisan pasar tetap terjaga.
Ketua HPPK Muhammad Natsir membenarkan rencana peralihan pedagang dari pasar darurat ke Pasar Klewer yang baru. Saat ini proses peralihan itu berlangsung.
pasar-klewer-bangkit
Konsolidasi pedagang

Pegang NPWP

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer M Natsir mengimbau kepada pedagang Pasar Klewer Solo yang belum memegang kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secepatnya segera mengurus ke KPP Pratama terdekat. Kepemilikan NPWP dan adanya bukti setoran pajak ke kantor pajak menjadi salah satu persyaratan penting bagi pedagang yang ingin mendapatkan kunci kios di pasar yang baru.
"Perlu diingat persyaratan mengambil kunci untuk menempati kios yang baru di Pasar Klewer adalah dengan menunjukkan kartu NPWP dan bukti setoran. Ini merupakan pesanan dari pemkot (Pemkot Surakarta) dan kantor pajak," tegasnya.
M Natsir menyatakan, kepengurusan HPPK sudah selayaknya direformasi. Pasalnya pengurus organisasi itu sudah sepuh dan secepatnya diganti yang muda.
Dengan beroperasinya kembali Pasar Klewer di tempat yang baru maka perlu adanya penyegaran organisasi. (*/)

pasar-bangkit-klewer
Pertemuan pedagang


Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu...
Klik juga Like fanpage  (https://facebook.com/solowarto)
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/wartosolocom)
      

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>