Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Kehadiran Sepur Uap Solo, Tantangan Baru Sektor Pariwisata Surakarta

Kehadiran Sepur Uap Solo, Tantangan Baru Sektor Pariwisata Surakarta

Posted by WARTO SOLO on Rabu, 16 November 2016



SOLO,wartosolo.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta berhasil mendatangkan lokomotif kereta uap dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta ke Kota Solo. Setelah melalui perjalanan panjang melintasi sejumlah provinsi, Kamis, 17 November 2016 pagi, kereta kuno itu langsung ditampung di Depo Stasiun Balapan milik Daop VI Yogyakarta. 
Kehadiran kereta api kuno itu langsung mendapatkan respons beraneka ragam dari khalayak umum. Media massa lokal, regional dan nasional langsung mengabadikan momentum langka ini. Sejumlah pejabat publik dan operator kereta api di hadapan media memperkenalkan alat transportasi ini dan menyampaikan maksud kepindahan kereta ini ke Solo. 


kereta uap solo, tantangan pariwisata Surakarta2
Kereta uap terbaru
Sepintas memang ada angin segar, bahwa Solo kembali memiliki ikon keren, yakni satu-satunya kota di Indonesia yang bakal menjalankan kereta berusia ratusan itu. Sekilas, kehadiran kereta api bakal meroketkan nama Kota Bengawan sebagai salah satu kota paling inovatif dengan menjalankan kereta api itu melintasi jalanan kota.
Terlepas dari euforia tersebut, tahukah anda, bahwa ada sejumlah pertanyaan yang sepatasnya segera dijawab sebelum KA ini beroperasi menyapa warga Solo. 

 tantangan pariwisata Surakarta kereta uap solo
Proses evakuasi loko
Bila benar, sepur ini ditujukan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke kota kelahiran Presiden Joko Widodo, seberapa besar wisatawan akan masuk dan memberikan multiplier effect terhadap pelaku wisata khususnya masyarakat Solo ? 

Tantangan 

Pertanyaan berikutnya, apakah mampu kas daerah ini membiayai operasional sepur itu, mengingat biaya perawatan selama tidak kecil dan sesuai perkiraan mendekati angka miliaran rupiah ? Apakah kalangan legislatif akan diam saja ?
Sudahkah dibuat kajian tentang program operasional kereta api uap ini baik jangka pendek, menengah, panjang ? Mengingat minimnya kajian soal keberadaan ikon wisata yang dibangun (dibuat) untuk menunjang sektor pariwisata Solo. 
staf pengajar unika Joko
Joko Setijowarno
Pengamat transportasi nasional, Djoko Setijowarno berpendapat, dilihat dari kilas balik yang ada, menurutnya  upaya keras Pemkot Surakarta mendatangkan kereta uap ini patut diapresiasi. Langkah ini sebagai terobosan pemerintah untuk mendongkrak sektor pariwisata Solo agar bisa bersaing dengan kota-kota tujuan wisata lainnya di Indonesia. "Solo memiliki jalur rel tengah kota. Setelah dijalankan Sepur Klutuk Jaladara, kini ada kereta uap. Kini tinggal pemerintah setempat, apakah mampu mengoptimalkan potensi ini," terangnya. 
Dirinya paham, potensi yang dimiliki Kota Solo adalah jalur rel tengah kota. Oleh karenanya potensi itulah yang digenjot. "Makanya pemerintah bersusah payah mendatangkan kereta uap.dari Jakarta ke Solo ini," katanya.
Di lain pihak, staf Pengajar di Universitas Katolik Soegijapranata, Salatiga ini mendesak pihak-pihak yang berkompeten seperti Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pelaku wisata Solo dan tentunya masyarakat Solo untuk mendukung kehadiran ikon wisata ini dan mencari cara agar ikon ini laku dipasaran. "Jangan didiamkan saja, tanpa promosi atau memperkenalkan ke wisatawan. Buat sebuah agenda wisata dengan memberdayakan kereta api ini. Ambillah contoh pemanfaatan kereta kuno di Ambarawa yang sudah bagus," imbuhnya. 
Ia juga mendesak agar dibuat kajian secara komperhensif dengan pengoperasionalan kereta uap ini. Apakah bisa, kereta uap ini memberikan multiplier effect terhadap masyarakat luas. Apakah tidak akan menimbulkan pemborosan anggaran daerah ? "Nah baik eksekutif maupun legislatif duduk bersama membicarakan hal ini," tegasnya. (*/)


    

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>