Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Unik, Warga Solo Mainkan Ular Tangga Jumbo Demi Ramaikan HUT RI

Unik, Warga Solo Mainkan Ular Tangga Jumbo Demi Ramaikan HUT RI

Posted by WARTO SOLO on Sabtu, 13 Agustus 2016

SUKOHARJO,wartosolo.comPermainan ular tangga sudah lazim menjadi permainan anak-anak. Bagi anda yang lahir di era 70-80-an permainan ini sangat populer. Permainan yang mengajarkan mengedepankan kejujuran, kesabaran, kedisplinan, dan keuletan untuk mencapai tujuan ini tetap memberikan keceriaan kepada anak-anak.


ular-tangga-jumbo
Permainan ular tangga
 Hal lain yang unik dari permainan ini adalah adanya ganjaran hukuman dan reward bagi pemainnya. Permaianan yang dimainakan beberapa orang dengan modal dadu dan bidak bisa dilakukan karena tak mengenal waktu dan tempat. 
Namun, dalam perkembangannya permainan ular tangga ini usdah dimodifikasi sedemikian rupa. Rules permaianan tetap sama, namun dalam permainan tersebut terkadang dimasukkan pesan-pesan moral khusus seperti misi kemanusiaan, hukum, peraturan lalu lintas dan lain sebagainya.
Nah, pada perayaan HUT RI kali ini, warga di Solo Jawa Tengah memanfaatkan permaianan ini untuk membuat ramai peringatakan kemerdekaan RI tersebut.
tangga-jumbo-ular
Ular tanggga jumbo

Menurut Ari Aizka pencetus ide permainan ini. Tujuan dari permainan ular tangga ini adalah memberikan  dan membangkitan jiwa kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan.
Lalu bagaimana aturan mainnya. Ari menjelaskan sebagai berikut
Aturan main :
1.sebagai bidak adalah orang/manusia
2.setiap kali main adalah 4 orang
3.siapa yang paling duluan mencapai angka tepat 64 sebagai pemenang.
"Ada pesan-pesan dalam setiap gambar yang ada tangga  dan ularnya," katanya. 
Permaian ular tangga raksasa ini rupa-rupanya disambut meriah warga Solo, Jawa Tengah. Mereka yang bermain tak hanya anak-anak, remaja. Ibu-ibu dan bapak-bapak pun ingin turut serta menjajal permainan ini. Apalagi pemenangnya mendapatkan hadiah. Sehingga serulah acara tersebut. 
Para orang tua dan mereka yang sudah dewasa ingin bernostalgia dengan permainan ular tangga yang sempat populer bagi mereka yang lahir pada 7- an -80 an. Karena permainan ini memang mengasyikan dan bisa jadi hiburan tersendiri. (*/)
jumbo-ular-tangga
Permainan dan pendidikan


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>