Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Miris, Masuki Musim Kering Petani Pandeyan Boyolali Sedot Air dari Tanah

Miris, Masuki Musim Kering Petani Pandeyan Boyolali Sedot Air dari Tanah

Posted by WARTO SOLO on Jumat, 12 Agustus 2016


petani-boyolali-kurang-air

BOYOLALI,wartosolo.net-Cuaca kering mulai menghantui petani di wilayah Boyolali, Jawa Tengah. Seperti  petani di wilayah Welar, Mojoasri dan Pandeyan, Ngemplak, Boyolali, mereka mulai melakukan penyedotan air menggunakan pompa untuk mengairi areal persawahannya. Bila tidak, tanaman mereka yang baru berumur sebulan akan mati. Aktivitas penyedotan air dalam ini akan terus dilakukan selama masa tanam dan selama musim kering berlangsung.
Sumadyo warga Welar, Ngemplak, Boyolali mengatakan, pada saat panen kedua pasokan air baik. Namun mulai pertengahan tahun, pasokan air dari Waduk Cengklik, sumber utama pengairan mulai menyusut.
"Saya dengar waduknya (Waduk Cengklik) dikeruk. Air tidak sampai ke sini," ungkap petani berusia 65 tahun ini.
Meski mengandalkan pengairan dari menyedot air tanah, Sumadyo yakin kualitas padinya tetap bagus. Ia pun memperkirakan Oktober nanti padinya bisa dipanen.
"Kalau cuaca seperti ini dan pasokan air bagus, Oktober bisa panen, doakan saja mas," katanya dengan dialek Jawa. 
Keruk Waduk Cengklik 
petani-boyolali-air-kurang


kurang-air-boyolali-petaniAwal April lalu Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) sudah melakukan pengerukan waduk dari Desa Sobokerto dan Desa Senting, Ngemplak. Alat berat buldoser digunakan untuk mengeruk tanah waduk hingga rata dengan kedalaman mencapai 1,5 meter.
proyek pengerukan Waduk Cengklik di Ratno (45), berharap proyek pengerukan segera rampung sehingga areal pertanian di daerahnya yakni Pandeyan bisa dipasok air. Selain tadah hujan, areal pertanian di wilayahnya juga mengandalkan pasokan air dari sumur dalam. (*/)


Jika artikel ini bermanfaat : 
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/wartosolocom)
Jadikan anda yang pertama berkomentar

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>