Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » , » Menakjubkan, Longsor Purworejo Kuak Misteri yang Terpendam Berabad-abad

Menakjubkan, Longsor Purworejo Kuak Misteri yang Terpendam Berabad-abad

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 25 Agustus 2016




PURWOREJO,wartosolo.com- Apakah anda masih ingat dengan kejadian longsor di Kabupaten Purwoerjo, Jawa Tengah yang menelan koban jiwa dan harta benda Juni 2016 lalu. Ternyata kehendak Tuhan YME dengan memberikan cobaan berat itu ada hikmahnya.  Apa yang terjadi pasca-bencana tanah longsor itu ternyata membuka mata sejumlah ahli di Tanah Air.




penemuan-candi-di-purworejo
Susunan batu gunung
Dari penelusuran para ahli dari berbagai universitas terkenal di Indonesia. Longsor besar akibat guyuran hujan di Purworejo beberapa waktu lalu, telah memunculkan lapisan tanah yang tak lazim. Lapisan tanah ini memiliki struktur tertentu yang muncul dari dalam tanah. 
Ada perkiraan ada bangunan candi dibalik tanah yang terkelupas air !
Apabila dilihat secara kasat mata ukuran diameter bukit dan tingginya bukit yang longsor. Besarnya bahkan melebihi candi kesohor di dunia saat ini yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, yakni Candi Borobudur. 
Bahkan, bila diyakini bentuk struktur tanah bebatuan ini berupa candi, bisa jadi candi itu akan mengalahkan ukuran Borobudur dan sekaligus umurnya.
Seperti diketahui, komposisi batu yang diperkirakan candi yang terkuak di Bukit Pajangan Dusun Makemdowo Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini berupa batu langka dan unik karena berbentuk potongan balok  dengan ukuran 1,5 meter  kali 3 meter. Dipercaya batu itu jenisnya andesit dan penyusunnnya malah berundak. Dilihat dari posisinya seperti menjorok ke atas dan miring sekitar 45 derajad. Yang paling unik adalah susunan batu ini amat rapi dan hamparannya sepanjang 200 meter sementara memiliki ketinggian sekitar 150 meter.
Ada pernyataan resmi dari sembilan orang peneliti dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang yang meyakini bila struktur batu berupa candi, maka kebesarannya akan mengalahkan Borobudur. 
Apakah demikian kiranya ?
Rektor UII Yogyakarta, Dr Ir Harsoyo, M.Sc dengan sangat optimistis memastikan tumpukan bebatuan bekas tanah longsor di Bukit Pajangan, Dusun Makem Dowo RT 02 RW 06, Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo, Jawa Tengah benar-benar candi. "Usianya itu lebih tua dibanding Candi Borobudur," tegasnya.
Luar biasa ! 
Bila asumsi ini benar kiranya, maka satu lagi misteri alam tentang kebesaran Bangsa Indonesia akan terkuak. Itu kiranya mengapa Tuhan YME memberikan cobaan yang tak bisa dinalar manusia. Karena dibalik cobaan itu bisa dipastikan akan ada himkahnya, seperti kemunculan candi di Purworejo, Jawa Tengah itu. (*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>