Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » , » Diduga Sonic Boom, Dentuman Suara Gegerkan Warga Solo

Diduga Sonic Boom, Dentuman Suara Gegerkan Warga Solo

Posted by WARTO SOLO on Senin, 29 Agustus 2016


SOLO,wartosolo.com-Warga Solo sekitarnya Jawa Tegah digegerkan suara seperti dentuman keras di udara, Selasa 30 Agustus 2016. Radius suara tersebut mencapai wilayah puluhan kilomter yang didengar atau mencapai wilayah Solo Raya, bahkan hingga mencapai kawasan timur Jateng seperti Madiun dan Ngawi. Kemunculan suara dentuman itu menjadi bahasan di media sosial. Di salah satu fan page Solo Raya netizen saling adu argumentasi dan pendapatnya hingga ratusan jumlahnya.


suara-boom-sonic-jet
Jet tempur melayang di udara
 Baca pula : http://www.wartosolo.com/2016/08/suara-detuman-berasal-dari-latihan-pesawat-tempur-f16-tni-au.html


Ada netizen yang menyatakan, suara dentuman itu bersumber dari jet yang sedang latihan terbang. Pendapat itu disampaikan netizen yang menyampaikan bahwa suara itu merupakan getaran dari sonic boom sebuah pesawat. Pendapat itu disampaikan karena ada sejumlah warga menyaksikan adanya pergerakan pasukan dari TNI Angkatan Udara yang sedang menggelar latihan. "Sepertinya suara sonic bom," kata netizen. 
suara-jet-boom-sonic
Sementara itu dalam media elektronik yang banyak termuat menyebutkan, bahwa dentuman dan getaran di udara itu lazim terjadi, kemungkinan adalah sonic boom yang berasal dari jet temput yang sedang latihan.
Seorang pejabat di Koopsau menyebutkan, sonic boom, merupakan suara keras seperti dentuman bisa berasal dari gerakan benda dengan kecepatan melebihi kecepatan suara. Benda yang menghasilkan suara itu, antara lain pesawat berkecepatan tinggi seperti jet tempur.
Dampak dari sonic boom bila berada di tengah-tengah perkotaan atau perkampungan dapat menyebabkan kaca rumah pecah. Sehingga latihan semacam ini biasanya dilakukan di atas laut atau tempat yang jauh dari pemukiman warga. Atau pun pesawat terbang secara vertikal.
Itulah mengapa suara dentuman semacam sonic boom ini sering menghebohkan warga, dan sering menyebabkan timbulnya berbagai macam tanggapan dari masyarakat.  
jet-sonic-boom-suara
Data grafis sonic bom


- Sumber foto : bing.com
-Catatan : Umumnya pesawat tempur seperti F-14s, F-18s standar, dan Blue Angels atau Sukhoi bisa membuat sonic boom. Jet ini bisa mengeluarkan sonic boom bila mengambil kecepatan 760 mil per jam, atau 340 meter per detik, dan sekitar 661 knot. (*/)
sonic-boom-jet-suara
Efek suara sonic bom


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>