Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » UNS Tak Bedakan Agama, Calon Mahasiswa Penghafal Kitab Suci Dipriortitaskan

UNS Tak Bedakan Agama, Calon Mahasiswa Penghafal Kitab Suci Dipriortitaskan

Posted by WARTO SOLO on Rabu, 13 Juli 2016


WARTOSOLO.COM- Netizen menyambut baik kebijakan yang diambil pihak Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang memperikan kemudahan bagi calon mahasiswa hafal Alquran untuk masuk kampus negeri di Kota Solo Jawa Tengah tersebut. Namun ada pula yang mendesak pihak kampus tak hanya mempermudah calon mahasiswa muslim saja. Mereka yang non-muslim dan hafal kitab sucinya juga diperlakukan yang sama. Ada juga yang memberikan pernyataan bahwa masuk kampus itu memang relatif mudah. Akan tetapi biaya perkuliahan yang sampai Rp 5- 10 juta sangat memberatkan.


uns-tak-bedakan-agama
Kampus UNS Solo
Menanggapi hal itu Prof Dr Ravik Karsidi, MS memberikan penjelasan dan pernyataannya.
"Saya perlu jelaskan bahwa mereka yang diterima di UNS karena hafal Alquran adalah bukan semata-mata itu saja tetapi juga karena prestasi sekolah/akademiknya. Mereka yang hafal 30 juz diapresiasi setara dengan pemenang olimpiade sain/seni tingkat internasional dan yang minimal 15 juz diapresiasi setingkat nasional," jelas Ravik.
Orang nomor satu di UNS itu menyebutkan, rata-rata siswa yang diterima melalui jalur tersebut memiliki prestasi yang membanggakan.
"Hasil evaluasi kami 4 tahun terakhir terhadap prestasi (IP) mereka rata-rata di atas 3.32," imbuhnya.
Lebih lanjut Ravik juga memberikan apresiasi karena terobosan yang dilakukan kampusnya juga diadobsi kampus-kampus lain di Indonesia.   
"Alhamdulillah telah banyak PTN yang mengikuti jejak UNS," katanya. Terkait perlakukan kepada calon mahasiswa non-muslim yang hafal kitab suci dan diberikan kemudahan masuk kampus tersebut, Ravik menyatakan hal tersebut bisa dipertimbangkan. 

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>