Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Potensi Ekonomi Kreatif Melimpah, Solo bisa Duplikasi Dubai

Potensi Ekonomi Kreatif Melimpah, Solo bisa Duplikasi Dubai

Posted by WARTO SOLO on Sabtu, 30 Juli 2016

SOLO,wartosolo.com-Kota Dubai di Uni Emirat Arab bisa begitu kesohor hingga penjuru dunia karena kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola potensi kota secara maksimal dan profesinonal. Padahal tak banyak potensi yang dimiliki, tak seperti di kota-kota besar di Indonesia. 
Namun demikian, kelihaian pemangku wilayah dan didukung oleh masyarakat dan negara, maka kota itu mampu menjelma menjadi kota jujugan wisata bertaraf internasional. 
Salah satu kepintaran penduduk dan pemerintah di sana adalah menggarap kegiatan ekonomi kreatif dengan baik. "Dulu kota itu mengandalkan minyak sebagai sumber utama pemasukan kota. Kini kota ini malah mengandalkan pemasukan lewat ekonomi kreatif. Contoh ini bisa ditiru Solo," kata Menteri  Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Arief Yahya. 
solo-potensi-wisata
Atraksi budaya kirab
Arief memaparkan potensi ekonomi kreatif di Solo tak kalah baik dengan jenis yang sama di dunia ini. Solo punya beraneka ragam kegiatan seni seperti Festival Payung, Batik Solo Carnival, Festival Imlek, dan event-event lainnya yang berstandar internasional. Hanya saja, event-event tersebut belum digarap maksimal karena minimnya pendanaan, sumber daya manusia dan aspek-aspek lainnya. 
potensi-wisata-solo
Korps marching band
"Bila pemerintah bisa memenuhi tiga unsur ini. Tak menutup kemungkinan popularitas Solo bisa mendekati popularitas pariwisata Kota Dubai," katanya. 

Arief menjelaskan bila setiap event budaya didaftarkan ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual agar tidak diklaim negara lain. Lalu nilai ekonomi setiap pagelaran kegiatan budaya dihitung dengan cermat. Dan yang terakhir dipromosikan ke belahan dunia lain. Nah yang terakhir ini menjadi tugas 
negara atau pemerintah pusat. Maka keberhasilan untuk memperoleh kejayaan Solo yang setara dengan Dubai tinggal menunggu waktu. 
Ia memaparkan Provinsi Bali yang dikenal dengan Pulau Dewata sudah sejak awal memenuhi kriteria ini. Maka sudah sepantasnya Solo mengikuti. (*)
wisata-potensi-solo
Prosesi garebeg

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>