Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Demi Keberkahan UNS Prioritaskan Calon Mahasiswa Hafal Alquran

Demi Keberkahan UNS Prioritaskan Calon Mahasiswa Hafal Alquran

Posted by WARTO SOLO on Senin, 11 Juli 2016


SOLO,wartosolo.com-Tambahan poin diberikan kepada calon mahasiwa bila memiliki sertifikat hafiz untuk masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Batas hafalan calon mahasiswa, minimal 15 juz dengan memperoleh poin tertentu. Sementara poin sebesar 250 diberikan kepada calon mahasiswa yang hafal 30 juz. Gebrakan unik dilakukan universitas negeri di Kota Solo itu demi memberikan apresiasi kepada calon mahasiswa. 


 UNS tak bedakan agama
Pintu masuk UNS Solo
Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Sutarno menuturkan, “Orang yang hafal 30 juz itu kan luar biasa ya, jadi kita hargai mereka. Kan seperti mereka yang menjadi juara olimpiade kan juga kita hargai. Jadi mereka kita apresiasi dengan poin tambahan.”  
Meski begitu, hafalan calon mahasiswa yang sudah masuk kriteria tetap dites. Nilai akademik calon mahasiswa juga dicek. Pihak kampus merangkul sejumlah UKM kerohanian untuk melakukan pengujian tersebut. Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah kemampuan calon mahasiswa di bidang akademik 
Tahun ini calon mahasiswa yang mendaftarakan diri lewat jalur SNMPTN dan bersertifikat hafiz ada 32 orang, tapi yang diterima hanya 14. "Ada pertimbangan nilai akademiknya juga. Kalau nilai akademik dijumlah dengan poin dari sertifikat hafiz tidak memenuhi passing grade, maka ya tidak diterima,” ujarnya.
Hingga saat ini tercatat, jumlah penghafal alquran di UNS yang mempunyai hafalan ≥ 10 Juz, terdiri dari 34 putra dan 33 putri. Sedangkan 23 putra dan 12 putri diantaranya sudah hafal 30 Juz. Sutarno berharap dengan memberikan apresiasi ini bisa mendorong mahasiswa lain agar bisa menghafal alquran. Selain itu, juga agar kampus menjadi berkah. (*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>