Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Taufik W Samudro Puluhan Tahun Ajarkan Alquran Braille

Taufik W Samudro Puluhan Tahun Ajarkan Alquran Braille

Posted by WARTO SOLO on Rabu, 02 Desember 2015


SOLO,wartosolo.com- Taufik Windu Samudro dikenal sebagai sosok sederhana. Orang yang suka bercakap-cakap. Apapun dari bicara tentang akik, burung, ikan atau yang lainnya.
Tetapi dibalik itu semua Pengurus Yayasan Al Ikhwan, Solo Jawa Tengah  ini memiliki kemampuan luar biasa yakni menguasai teknik membaca Alquran dengan huruf braille.
Bagi sosok kelahiran Boyolali, 19 Maret 1982, kemampuannya belajar membaca Alquran ini diperoleh dari
H Jafar, Muhammad Sidiq, dan Kuat Mardiyanto. Sejak digembleng dari muda hingga menginjak usia 17. Ia langsung fasih dan bahkan bisa mengajari teman-temannya yang lain yang juga penyandang tuna netra.
ajarkan-alquran-braille
Guru mengaji tunet

"Dulu itu niatnya mencari pahala yakni mengajarkan sesama bisa membaca Alquran braille. Tetapi ilmu saya dibutuhkan, itu yang menyenangkan," katanya.
Menurut dia,  butuh kemampuan bagus agar bisa membaca. Pertama harus bisa braille huruf latin sebelum membaca kitab suci umat Islam dengan huruf-huruf Arab braille. "Tanpa dasar penguasaan braille latin, jangan harap bisa menguasai Alquran braille secara cepat," kata Taufiknya yang saat ini tinggal di sekretariat Yayasan Al Ikhwan, Jalan Semen Rantai No 15 Mangkuyudan, Solo.

braille-ajarkan-alquran
Aktivitas mengaji

IQ Tinggi

Kedua adalah, belajar Alquran braille adalah intelegensia (IQ) dan tingkat daya hafal harus di atas rata-rata. Contohnya mengajari anak yang IQ nya tinggi akan cepat menguasainya. Butuh waktu enam bulan bagi anak untuk bisa membaca. Tapi anak penyandang buta yang tak bisa huruf braille tetapi ingin belajar Alquran braille baru bisa menguasinya selam dua tahun. "Itu juga tergantung gurunya, sabar tidak," ungkapnya

Taufik kini sudah dikenal luas di Kota kelahrian Presiden ke-7 RI Joko Widodo. Sejumlah media massa onlen, dan cetak sudah banyak menulisnya. Apalagi wartawan televisi, setiap Ramadan datang selalu memewawancarinya. 

Pria berambut ikal ini pun juga tak sulit ditemui. Meski sibuk ia tak segan-segan melayani wartawan. Selain sebagai pengajar, Taufik juga pintar memijit. Pelanggannya banyak tak hanya warga kampung sekitar tetapi sampai luar Solo.
Tak heran bila sebuah LSM di Bandung bersedia membantu dian dan yayasanya dalam bentuk bacaan-bacaan dan kitab suci. 
alquran-braille-ajarkan
Lokasi belajar ngaji


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>