Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Sungai Han Korea Selatan, Di Antara Objek Wisata Eksotis dan Lokasi Harakiri

Sungai Han Korea Selatan, Di Antara Objek Wisata Eksotis dan Lokasi Harakiri

Posted by WARTO SOLO on Sabtu, 19 Desember 2015



WARTOSOLO- Bila anda bisa berkesempatan pergi ke Seoul Korea Selatan. Maka di sepanjang perjalanan anda akan menjumpai sebuah sungai yang lebar dan panjang. Sungai itu dinamakan Sungai Han. Nah, alangkah baiknya kendaraan anda dihentikan sejenak di sekitar kawasan sungai untuk melihat dari dekat sungai. Terdapat sejumlah pemberhentian di jembatan-jembatan yang melintas di atas Sungai Han. Luangkan waktu sebentar untuk merasakan sensasi diterpa angin yang cukup dingin di sungai ini utamanya pada saat musim dingin atau salju. 
sungai-han-korea
Wisata sungai
Hanya sajaa saat berhenti di sebuah jembatan di sana dan anda berdekatan dengan sebuah fasilitas umum seperti telepon. Anda jangan sekali-sekali mencoba memegang dan mengangkat gagang telpon. 

Telpon itu bukan telpon umum. Loh mengapa demikian ? Dari kunjungan ke Seoul beberapa waktu lalu, pemandu wisata mengatakan telepon itu disediakan oleh Pemerintah Seoul, khusus bagi masyarakat yang henda berniat bunuh diri atau dalam bahasa Jepangnya Harakiri. Loh kenapa demikian ? 
korea-sungai-han
Pembangkit listrik
Begini, sejak zaman dulu Sungai Han yang memiliki debit air yang sangat besar sering di jadikan wahana orang untuk bunuh diri. Pada musim dingin atau salju, suhu airnya bisa mencapai titik beku atau 0 deraja celsius. Nah, saking seringnya adanya upaya bunuh diri warga Korea Selatan di sungai ini membuat pemerintah memberikan pendekatan-pendekatan dengan berbagai hal. Caranya adalah menyediakan fasilitas telepon gratis di sekitar lokasi itu. Tujuannya adalah agar orang yang hendak bunuh diri mau mengangkat telepon. Setelahnya di ujung telpon yang diterima petugas bisa memberikan konseling cuma-cuma sehingga sang warga yang hendak bunuh diri ini bisa mengurungkan niatnya. 


Itu sekelumit cerita tentang sisi lain dari Sungai Han. Namun demikian, Sungai Han tetap menjadi objek wisata yang menarik. 
Pemerintah setempat menyediakan kapal seperti feri kepada wisatawan untuk mencicipi berlayar mengarungi sungai sepanjang 514 km. Pemandangan indah bisa dinikmati di sekitar bantaran sungai yang memiliki muara di perbatasan antara Korea  Selatan dan Korea Utara. 
Pada zaman dahulu Sungai Han menjadi salah satu sarana transportasi perdagangan, hingga raja-raja Korea waktu itu berebut untuk mendapatkan kekuasaan di sungai ini sehingga bisa menjalankan perdagangan. 
Namun karena muara sungai ini berujung di negara perbatasan Korea Utara dan Selatan maka masyarakat umum tidak diperbolehkan melayarinya.  Sungai Han memiliki anak sungai yakni Sungai Namhan (Sungai Han Selatan), bermata air di Gunung Daedeok, dan Sungai Bukhan (Sungai Han Utara), berhulu dari lembah Gunung Geumgang di Korea Utara. Sungai Han ini membelah Kota Seoul dan bermuara ke Laut Kuning. (*/wartosolo.net)


han-korea-sungai
Kapal feri


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>