Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » , » Seoul Station Permudah Masyarakat Manfaatkan Angkutan Umum Massal

Seoul Station Permudah Masyarakat Manfaatkan Angkutan Umum Massal

Posted by WARTO SOLO on Sabtu, 26 Desember 2015

WARTOSOLO- Seoul sebagai kota besar di dunia telah sejak tujuh tahun yang lalu mengembangkan pusat pelayanan angkutan umum massal dalam satu kompleks. Sebagai bagian dari transformasi sistem transportasi di Korea Selatan, Soul Station ini merupakan salah satu bangunan yang terbaik di Asia dan mungkin di dunia yang memadukan berbagai macam moda transportasi baik kereta api bawah tanah (subway), bus, taksi. Bahkan menyediakan angkutan umum menuju Bandar Udara Incheon. 
seoul-station-korsel
Kenyamanan Stasiun Seoul
Saat sejumlah awak media dari Solo berkunjung ke pusat terminal di Kota Seoul ini pertengahan Desember 2015. Rombongan yang dikirim Pemkot Surakarta berkesempatan mendapatkan penjelasan sederhana dari New Project Task Force Team Manager Seoul Station, Mr Lee Kyo tentang, pengembangan pusat stasiun ini. Bahkan rombongan ditunjukkan berbagai fasilitas penting yang dibangun untuk mendukung pengembangan pusat stasiun ini.
Menurut Mr Lee Kyo, supaya bisa aman dan nyaman, penumpang gunakan subway dan bus antar kota. Sejak 2004 di areal ini telah dibangun 4 stasiuun dengan dilengkapi 356 pusat transit. Khusus untuk jalur bus antar kota dibangun sebanyak 358. Nah,  pusat transit ini berfungsi menyambungkan penumpang sambung menyambung dari bus ke bus, bus ke subway (kereta bawah tanah), atau bus ke angkutan lain. “Tujuan dan maksud para penumpang bisa aman nyaman berganti angkutan umum itu. Tujuan lain adalah  bisa mengoptimalkan jalur angkutan umum dan supaya penumpang aman dan nyaman menggunakan transportasi umum," kata dia lewat penerjemah.
Usai mendapatkan penjelasan singkat tentang fungsi dari Seoul Station, lalu rombongan menuju berbagai fasilitas pelayanan penumpang. Di sana rombongan melihat secara jelas bagaimana calon penumpang bisa mendapatkan informasi yang komplit dan detail mengenai pelosok Kota Seoul. Fasilitas angkutan umum massal apa yang bisa dicapai dan lokasi-lokasi pemberhentian mana yang bisa dijujug si calon penumpang. Setelah mendapatkan informasi yang cukup, calon penumpang bisa langsung menuju loket-loket yang tersedia, baik itu untuk angkutan subway (kereta bawah tanah) maupun bus ekspress, termasuk menuju ke Bandar Udara Incehon bagi calon penumpang yang hendak melanjutkan perjalanan lewat udara. Di Seoul Station ini juga terdapat ruang pertemuan, food court dan ruang tunggu calon penumpang. 

korsel - seoul-station
Pasar bawah tanah Seoul

Ruang Tunggu Nyaman 

Bagi calon penumpang yang hendak berbelanja bisa menuju ke pusat perbelanjaan yang lokasinya hanya berjarak sekitar 200 meter. Pasar tradisional yang dikenal dengan Gangnam juga melekat di kompleks ini berada sekitar 500 meter dari Seoul Station. Adapun di kawasan ini juga tersedia penginapan berupa hotel berbintang bertingkat setinggi 33 lantai dengan jumlah kamar mencapai 4.962 buah. Fasilitas-fasilitas ini disediakan di sekitar pusat stasiun untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi calon penumpang.

korsel - station-seoul-
Pembelian tiket di Stasiun Seoul
Khusus lokasi pemberhentian bus, para rombongan sempat menuju ke sana. Lokasi tersebut dinamakan Central City. Bangunan modern Central City ini juga tak jauh dari Seoul Stastiun karena bertujuan sama yakni mempermudah calon penumpang untuk menuju stasiun ini. Di lokasi ini juga disediakan loket-loket yang menjual tiket termasuk lokasi top up/isi ulang T Money
Pemerintah Metropolitan Seoul mendesain sebaik mungkin tempat pemberangkatan dan kedatangan di Central City. Calon penumpang ditempatkan di ruang khusus sesuai dengan jalur bus yang akan mengantar mereka ke tujuan masing-masing. Setiap bus disediakan gerbang pemberangkatan tersendiri (gate seperti di bandara).
Di lokasi lain, calon penumpang yang belum mendesak waktu keberangkatannya bisa menunggu di lokasi khusus atau bisa ke toserba yang letaknya tak jauh dari Central City ini.
korsel -seoul-- station-
Terminal tergubung stasiun
Di Central City ini umumnya dipenuhi bus warna merah bus-bus ini sudah standby di pool-nya masing-masing sebelum pemberangkatan. 
Adapun khusus calon penumpang yang hendak melanjutkan perjalanan menggunakan subway (kereta bawah tanah), lokasinya malah paling dekat dengan Seoul Stastion. Untuk menuju ke stasiun subway ini pemerintah setempat telah membangun tangga berjalan naik dan turun. Setelah menuju stasiun subway calon penumpang tinggal menunggu jenis kereta api bawah tanah yang dibutuhkan.
Di Indonesia khususnya di Kota Solo, sistem integrasi antar-moda sudah dikembangan di Terminal Tirtonadi. Sebagai terminal tipe A, Tirtonadi sudah juga sudah dilengkapi interasi antara bus dengan kereta api (dibangaun 2016), bus dengan taksi, bus dengan becak dan bus dengan ojek. Hingga 2018 Pemkot Surakarta berencana membangun lima lantai lagi Terminal Tirtonadi. Bangunan anyar ini nantinya akan dipakai sebagai sentra bisnis. Integrasi antar-moda dan pusat bisnis di terminal di Kota Bengawan ini di desain hampir mirip dengan terminal baik di Singapura maupun di Seoul Korea Selatan. (*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>