Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Sedapnya Menyruput Es Dawet Telasih Pasar Gede

Sedapnya Menyruput Es Dawet Telasih Pasar Gede

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 03 Desember 2015




SOLO,wartosolo.com-Beragam aneka makanan dan minuman khas buka puasa tersedia di Kota Solo. Namun ada menu minuman khas Kota Bengawan yang dikenal legendaris. Kisi-kisinya, minuman ini bahan bakunya tanpa pengawet seperti, cendol, ketan hitam, telasih, tape ketan, gula pasir, dan santan. Sangat nikmat bila disajikan dalam kondisi dingin, apalagi ada es prongkol (bongkahan es kecil-kecil) di dalamnya. Pastinya mak nyus rasanya.
Minuman khas Solo
Betul ! Minuman ini dawet. Hanya saja di Solo ada dawet khas yang cukup dikenal warga lokal. Salah satunya Es Dawet Telasih. Es Dawet Telasih merupakan salah satu sajian minuman kuliner khas Kota Solo, keberadaan Es Dawet Telasih ini hanya ada di dalam Pasar Gede Solo. Es Dawet Telasih ini mempunyai cita rasa manis segar, dingin dan bercampur gurih. Uniknya, Jika pembeli meminum Es Dawet Telasih ini rasa dahaga akan terasa hilang, karena disebabkan keberadaan cendol yang membuat penghilang rasa panas dalam.


Minuman menyegarkan 
Diserbu pelanggan
Minuman tradisional ini hanya ada di dalam Pasar Gede, Solo. Riecke, pedagang Es Dawet Telasih, mengungkapkan, keahlian membuat es dawet ini berasala turun temurun dari neneknya hingga sekarang. Kini miniman menyegarkan itu menjadi buruan warga dan menjadi minuman khas Kota Solo.
"Keberadaan Es Dawet Telasih ini adalah warisan dari nenek saya. Saat dijualn nenek, Es Dawet Telasih ini belum selaris sekarang. Pembeli pun kebanyakan pelanggan lama yang hadir disini, tetapi ada juga pembeli baru yang mengetahui keberadaan Es Dawet Telasih dari orang ke orang," terang Riecke.
Tersedia di pasar Gede Solo
Bagi anda pecinta es dawet, untuk mendapatkan Es Dawet Telasih, anda setidaknya memasuki di dalam Pasar Gede. Harganya dijamin tak bikin kering kantong. Bila ingin menikmati minuman ini juga mesti bersabar karena antrean cukup banyak, dan sedikit berjubel di pasar tradisional Solo. Selama mencoba. (*)
Siap Santap
Diminum lewat mangkok


 


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>