Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Resep Awet Muda Ala Orang Seoul- Biasakan Jalan Kaki

Resep Awet Muda Ala Orang Seoul- Biasakan Jalan Kaki

Posted by WARTO SOLO on Senin, 28 Desember 2015


WARTOSOLO- Tak  banyak pilihan bagi warga Kota Seoul untuk bisa memanfaatkan kendaraan pribadi atau roda dua saat hendak bepergian seperti di Indonesia. Pembatasan penggunaan kendaraan di negara penghasil ginseng itu tak main-main dan begitu ketat. Meski terkesan dipaksakan, ada maksud tersendiri dari pemerintah setempat untuk melakukan pembatasan itu. Selain melindung udara  Kota Seoul dari emisi gas buang, warga di sana juga dipaksa untuk berjalan kaki. Ini amat penting gaes, karena paksaan kepada warga untuk berjalan kaki lazimnya di negara modern amat menguntungkan. Pertama, jalanan kota tak disesaki kendaraan pribadi sehingga tujuan menekan emisi gas buang tercapai. Kedua, masyarakat diajak hidup sehat, Pasalnya lewat jalan kaki saban hari ini, stamina warga Seoul lebih kuat, produktivitas lebih tinggi dan yang penting amat menghargai waktu. Bagi tingkat kesehatan, berjalan kaki dengan jarak jauh amat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar metabolisme tubuh, mengeluarkan kotoran lewat keringat, dan yang jelas konsumsi air putih meningkat. 

resep-awet-muda-seoul
Kehidupan warga Seoul
Bila anda mengamati kehidupan warga Seoul, mayoritas penduduknya memilih berjalan kaki, Saat menuju tempat kerja, warung, rumah sakit kantor pemerintahan. Padahal jaraknya bisa mencapai 3-5 kilometer. Bila cuaca dingin baru menggunakan kendaraan umum (bus/subway/taksi) atau kendaraan pribadi bila memaksa. Kebiasaan yang berjalan kaki yang dibina sejak kecil inilah yang menyebabkan tubuh orang-orang Korsel atletis, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Sehingga dengan kebiasaan ideal yang berahun-tahun lamannya ini, usia masyarakat di sana lebih panjang dibandingkan di negara kita. 

Meski sudah rutin berjalan kaki, orang Seoul juga rutin berolahraga seperti jalan kaki atau jogging. Sejumlah tempat kebukaran, gym, atau fitnes penuh pengunjug. Ruang area terbuka pun kerap dipenuhi orang yang berolahraga. 

Perbandingan

Jujur bila dibandingkan di negara kita. Anak kecil saja enggan berjalan kaki saat membeli sabun atau kue di warung, kalau ada sepeda motor atau sepeda ontel, mereka memilih naik itu. Apalagi saat ke sekolah, anak-anak memilih diantar orang tua naik motor/mobil atau bahkan naik sepeda motor sendiri, dan pilihan jalan kaki adalah yang terakhir dan kadang tak dilakukan sama sekali. 

Jadi, peran pemerintah di sini amat besar untuk memaksa warga dan penduduk memanfaatkan fasilitas umum, atau jalan kaki saat hendak ke mana-mana. Bila ingin penduduknya awet muda, panjang usia, produktivitas tinggi, ya caranya memaksa mereka setiap hari jalan kaki. Sayangnya cuaca di Indonesia tropis, sehingga berjalan kaki sedikit saja akan kepanasan. Ini memang menjadi problem, tapi bukan alasan utama untuk tidak jalan kaki. Toh kalau ke kantor, tempat kerja jalan kaki atau naik angkutan umum bila kegerahan bisa mandi dan ganti baju. Selamat mencoba ! (*/)


seoul-resep-awet-muda
Jalan kaki setiap hari



SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>