Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Naik Angkutan Umum Pegang Dulu T Money ((Belajar Sistem Transportasi Seoul-5)

Naik Angkutan Umum Pegang Dulu T Money ((Belajar Sistem Transportasi Seoul-5)

Posted by WARTO SOLO on Jumat, 25 Desember 2015


WARTOSOLO- SEBELUM membahas mengenai layanan transportasi massal di Seoul. Di sini perlu dikemukakan tentang sistem pembayaran yang dipakai warga Seoul untuk menikmati layanan transportasi massal ini. Seperti dibicarakan sebelumnya pemerintah setempat telah sejak lama mencangkan penggunaan sistem kartu pintar dengan tujuan sebagai alat pembayaran di sektor publik yang juga bisa digunakan untuk pelayanan pembayaran lewat e-money dengan berbagai keuntungan yang diterima pelanggan. Di Korea Selatan kartu pintar ini dinamai T Money. 

t-money-korea
Manfaatkan T Money
Kartu ini dipakai 98 persen layanan bus, 100 persen subway (kereta bawah tanah), dan 58,8 persen taksi.
Kartu pintar ini menjadi salah satu bentuk dari transformasi pelayanan angkutan massal bus dan kereta api. Selain itu, akumulasi data dari T Money juga bisa dijadikan dasar pemerintah mengambil kebijakan, serta dipakai untuk data aparat penegak hukum. Di bidang akademi kartu ini juga berfungsi untuk tujuan penelitian karena datanya dikumpulkan lewat pusat data.
korea-t-money
Khususnya bagi pelayanan angkutan umum bus, pemerintah setempat menggunakan sebagai dasar dari sistem manajemen bus (Bus Management System-BMS) yang kemudian BMS ini memegang kendali dari kartu pintar ini, termasuk mengawasi operasional bus di Seoul.
Bagi pengguna T Money ada beberapa keuntungan yang didapat yakni rute dan operasi bus yang menginformasikan tentang waktu kedatangan bus. Tentunya warga juga berlangganan aplikasi penggunaan bus sehingga BMS yang mengirimkan data yang anda perlukan. Sementara bagi Seoul BSM alat ini dipakai untuk meliah real time bus, informasi operasi, ruten dan transfer info.agi perusahaan otobus akan diketahui lokasi bus tersebut, alokasi bus di lapangan dan catatan-catatan tertentu. Tentunya semuanya itu dikendalikan dengan teknologi lewat satelit (GPS).
Sejumlah kota di negara-negara seperti Auckland/Wllington Selandia Baru (2008), Kuala Lumpur Malaysia (2010), Bogota Kolombia (2011), Bangkok Thailand (2013), Ulaanbaatar Mongolia (2014) telah mengekspor sistem kartu pintar ini. Sementara di Mongolia sudah sejak 2008 mengeskpor sistem transportasi dari Korea Selatan ini. Uniknya dari kartu pintar ini ternyata sangat efektif untuk mempermudah pembayaran sejumlah alat transportasi di Negeri Ginseng itu.
Maka setibanya di Korea Selatan para wisatawan disarankan mendapatka kartu ini digerai-gerai terdekat. Bila bersama pemandu wisata, usahakan si pemandu wisata mencarikan T Money sebelum diisi dengan nominal won (mata uang Korea Selatan) sebelum dipakai naik bus, subway atau taksi.
Bila anda datang ke Korea Selatan tanpa teman dan pemandung yang biasanya didampingi bus pariwisata, maka T Money ini adalah nyawa anda di Seoul selain paspor anda tentunya.(*/)
money-korea-t

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>