Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Ini Dia Tempat Pemungutan Suara Terunik Di Solo

Ini Dia Tempat Pemungutan Suara Terunik Di Solo

Posted by WARTO SOLO on Selasa, 08 Desember 2015


SOLO,wartosolo.com- BIla dalam pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) dalam lima tahunan seperti pemilihan kepala daerah disediakan tempat pemungutan suara (TPS) di kampung-kampung. Maka di kampung-kampung itu TPS-nya selalu ditempatkan di lokasi yang terjangkau atau di rumahnya pak RT, Pak RW. Nah, khusus di kampung Tegal Mulyo di RT 3 Rw 4 Nusukan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah TPS-nya ditempatkan di dalam bus.
Loh kenapa demikian ? Ini dia alasanya !
unik-tps-solo-
Pembuatan properti TPS
Pak RT setempat di Nusukan, Solo Jateng yang bernama Arief Nugroho berpikir, bagaimana warganya yang berjumlah 400-an bisa sekaligus datang ke TPS. Kan ramai dan seru tuch. Sekalian kumpul-kumpul, ya nyoblos calon pemimpinnya Kota Bengawan untuk 5 tahun mendatang.
Maka dari itulah dipilih TPS khusus. Warga bersama panitia penyelenggara pemilu punberinisiatif  mendatangkan sebuah bus pariwisata berpendingin udara untuk disulap menjadi TPS.
Langsung saja persiapan TPS unik digelar warga dan panitia pemilihan suara setempat 
solo -tps-unik
TPS unik
Bus pariwisata berkapasitas 32 penumpang yang datang sore hari sebelum coblosan diparkirkan di tengah gang. Maklum rumah Pak RT tak muat untuk menampung sebuah bus. 
Sementara gang tersebut di tutup dengan rambu larangan agar pengguna jalan tak melintas dan memutar ke gang lain. Perlahan kru bus mengeluarkan perkakas untuk mencopoti delapan kursi penumpang dari badan bus, lalu posisinya diganti dua bilik suara.
 "Kami menyediakan TPS khusus bagi warga sini. Harapanya pemilih yang tercantum di DPT (daftar pemilih tetap) berbondong-bondong datang ke TPS," kata Arief Nugroho. 


tps-unik-solo
Pembuatan TPS unik
 Alur Coblosan

Sekadar informasi pilkada Kota Solo diikuti dua pasangan kandidat yakni Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri yang diusung Koalisi Solo Bersama. Lawannya adalah pasangan FX Hadi Rudyatmo-Purnomo yang juga pasangan patahan.
Berikutnya adalah membahasan alur pencoblosannya pilkada di TPS 7 ?
Tetap saja prosedur pencoblosan dari KPU yang dipakai. Calon pemilih datang sendiri ke TPS. Calon pemilih  menyerahkan undangan lalu menunggu giliran di kursi yang disediakan. Setelah namanya dipanggil calon pemilih kemudian mendapatkan kartu suara, baru diarahkan memasuki ke dalam bus untuk pencoblosan. Pencoblosan inilah yang dilakukan di atas bus.Karena ada dua bilik yang disediakan. Adapun kartu suara tetap dimasukan di kotak suara di luar bus. (*/)
unik-solo -tps
Persiapan akhir TPS
      

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>