Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » , » Supeltas Solo, Atur Lalu Lintas Tanpa Pamrih

Supeltas Solo, Atur Lalu Lintas Tanpa Pamrih

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 15 Oktober 2015

 SOLO,wartosolo.com- Kota Solo mungkin menjadi satu-satunya kota di Indonesia dan bahkan di dunia ini yang melibatkan masyarakat sipil dalam membantu kelancaran lalu lintas (lalin). Sukarelawan Pengatur Lalu-Lintas atau akrab di sapa Supeltas ini resmi dibentuk pada 2005. Dengan seragam lengan panjang warna biru rompi hijau pupus dengan peluit di mulut, supelas ini tersebar di beberapa ruas jalan di Solo. Lambat laun

solo supeltas tugas dan tanggung jawab yang diembannya dirasakan penting dan cukup membantu tugas polisi dalam menciptakan kondisi lalu-lintas di Solo yang tertib dan lancar.
Supeltas dulunya beranggotakan tiga orang dari satuan yang dinamakan Pembantu Polisi (Balop) yang secara langsung ditugaskan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Surakarta. Lokasi yang diatur di antaranya di Pasar Nongko dan perempatan Dawung yang dikenal padat lalu lintasnya. Hingga sepuluh tahun kemudian, supeltas ini menjadi kekuatan yang tak tergantikan di Solo. Sejumlah 23 titik rawan macet di Kota Solo saban harinya di jaga para Supeltas ini.
Keberadaan Supeltas ini amat penting untuk mengurangi keluhan masyarakat tentang kehadiran Pak Ogah. Dulunya memang Pak Ogah subur di Solo.
Namun semenjak Unit Pendidikan dan Rekayasa Satlantas Polresta Surakarta turun tangan maka mereka dialihkan dengan tugas berrompi dan topi yang harus dikenakan setiap menjalankan tugasnya sebagai identitas. meski dalam pelaksanaan tugasnya mereka dilarang untuk meminta imbalan kepada pengguna jalan. Namun ke- 50 Supeltas yang kini beroparsi di Solo tak bisa menghindar dari kebaikan warga ini.
Salah satu supeltas yang memiliki keunikan ada di sekitar Jalan Kalitan, di simpang tiga Jalan Moewardi dan Jalan Kalitan. Di situ ada petugas Supeltas bernama Eko Ribut. Dengan caranya yang khas, pemuda ini mengatur lalu lintas sambil berjoget. Di telinganya pasti terpasang head set, karena saat mengatur lalin, dia selalu jogat-joget sambil mendengarkan musik. Memang aksi Ribut, dan loyalitas supeltas ini tak ada duanya di Solo. Bahkan di dunia ini.(*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>