Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Ini Dia Alasanya Mengapa KPU Solo Gandeng Seniman Dalam Sosialisasi Pilkada Beserta Videonya

Ini Dia Alasanya Mengapa KPU Solo Gandeng Seniman Dalam Sosialisasi Pilkada Beserta Videonya

Posted by WARTO SOLO on Kamis, 30 Juli 2015


SOLO,wartosolo.com- Solo adalah gudangnya seniman. Maka tak heran bila Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta memanfaatkan tenaga para profesional ini. Mengingat Solo adalah kota yang heterogen dengan budaya Jawa sebagai rohnya. Maka dari itu seniman yang begitu mengakar di Solo dan tentunya sudah hafal betul tradisi masyarakat digunakan kemampuannya untuk kepentingan pensuksesan pesta demokrasi tersebut. Peran serta seniman, khususnya mereka yang selalu tampil di atas panggung untuk menghibur masyarakat amat diandalkan untuk menyosialisasikan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah 2015 ini.

kpu-gandeng-seniman
KPU dan seniman
 Selain proses-proses dan tahapan sosialisasi pemilu dengan model lain seperti lewat media massa, penyebaran spanduk dan pemasangan poster/baliho. Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Perencanaan dan Badan Penyelenggara KPU, Kajad Pamuji Joko Waskito menuturkan, salah satu seniman yang akan dirangkul untuk ajang kampanye pemilu ini adalah  Persatuan Seniman Komedi Indonesia dan sejumlah kelompok komedi yang hidup di Kota Solo.
"Pastinya mereka kita ajak untuk ikut menyosialisasikan kepada masyarakat agar datang ke TPS (tempat pemungutan suara) guna menyalurkan hak suaranya. Teknisnya seperti apa sedang kami persiapkan," katanya .
Kehadiran orang-orang di Kelompok Dagelan Citro Mitro bersama Persatuan Seniman Komedi Indonesia (Paksi) di gedung KPU, Rabu (29/7) memberikan inspirasi kepadanya untuk ke depan menggunakan jasa seniman ini. Ia yakin kehadiran seniman ini akan mudah diterima masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah. Mengingat, materi dagelan yang dikemas dengan bahan kampanye pemilu akan mudah diterima.
"Masyarakat haus hiburan. Lewat lawakan dan dagelan inilah misi untuk menyampaikan proses tahapan pemilu sedikit-demi sedikit bisa tersampaikan," katanya.
Kajad mengungkapkan, pihaknya baru secara lisan menerima permintaan dari Paksi dan Kelompok Dagelan Citro Mitro yang berkeinginan membantu pekerjaan institusinya. Secara tertulis kerja sama itu pastilah dibuat untuk mempermudah pelaksanaanya di lapangan.
"Secara berkelompok mereka bisa memberikan hiburan sambil sosialisasi. Secara perorangan anggota Paksi, dan seniman lainnya bisa bersosialisasi langsung ke tengah-tengah masyarakat," imbuhnya.
Pentolan Citro Mitro, Mul Kucir menyambut baik kesediaan lembaga penyelenggara pemliu terhadap ide pelibatan seniman dalam sosialisasi pilkada. Menurutnya, seniman-seniman di Solo yang berkecimpung diberbagai media amat banyak dan tangguh dalam menyampaikan sosialisasi.
Pilkada Solo sudah memasuk pada tahap pendaftaran calon dan tes kesehatan. Dua pasangan yang maju yakni patahan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo akan bersaing merebut simpati warga Solo melawan Anung Indro Susanto dan Muhammad Fajri.  Proses yang akan berjalan adalah verivikasi data calon, dan kampanye. Baru pada 9 Desember mendatang dilakukan coblosan. (*)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>