Hukum Kriminal    Inspirasi    Kesehatan    Ekonomi    Wisata    Komunitas    Pendidikan    Kuliner    News    Peta Situs   
Home » » Hadirkan Pesawat Terbang Sungguhan, Wisata Teranyar di Karanganyar

Hadirkan Pesawat Terbang Sungguhan, Wisata Teranyar di Karanganyar

Posted by WARTO SOLO on Selasa, 14 Juli 2015


KARANGANYAR,wartosolo.com- Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya pesawat Boeing 737-300 yang asli, bukan abal-abal bisa dihadirkan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pesawat yang tak terpakai itu harus menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Kota Intanpari, julukan Kabupaten Karanganyar mulai Minggu 21 Juni  hingga 24 Juni sore hari. Jarak tempuh yang jauh dan kecepatan truk berat saat berjalan yakni 40 kilometer per jam, membuat kedatangan pesawat ini membutuhkan waktu berhari-hari.
pesawat-sunguhan
Usung pesawat
Memang kedatangan pesawat yang dibeli Pemkab Karanganyar ini dalam kondisi dipotong-potong menjadi beberapa bagian, dan diangkut dengan menggunakan tiga trailer. Ada yang membawa bagian kokpit sampai bagian tengah, ada yang mengangkut dari bagian tengah sampai ekor, dan satu lagi membawa sayap pesawat. Sedangkan untuk mesin sudah datang sejak lama.
Boeing 737-300 itu merupakan pesawat bekas (salah satu maskapi penerbangan di Indonesia yang sudah tutup) dan dibeli oleh rekanan untuk menjadi bagian proyek Taman Dirgantara Edupark Kabupaten Karanganyar.
sunguhan-pesawat
Tontonan warga

Sesampainya ditempat tujuan pesawat dirakit ulang, dicat di ditata kembali interiornya.
"Nah setelah selesai dirakit, lama Edupark akan segera diresmikan," ucap Bupati Karanganyar Juliyatmono.
Lalu kenapa dipilih pesawat sungguhan ditanam di taman ini. Menurut bupati Taman Dirgantara Edupark merupakan cita-cita Pemkab Karanganyar untuk memberikan wahana edukasi dirgantara kepada masyarakat, selain itu juga agar generasi muda bisa mempunyai cita-cita yang tinggi. Khusus pesawat yang anyar didatangkan itu dinamai Lawu Air. Kenapa nama Lawu yang diambil, karena karanganyar identik dengan Gunung Lawu. Ke depan setelah pesawat benar-benar bisa dinikmati, maka pengelola dan Pemkab akan menempatkan dua helikopter jenis Bolco yang ditempatkan di lokasi itu.(*/)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 WARTO SOLO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
>